26 November 2023
GARASI MOBIL

Empat Fakta Menarik Toyota Crown Sedan Yang Baru Meluncur Di Jepang



Lanjut dari Japan Mobility Show 2023, Toyota resmi meluncurkan mobil baru Toyota Crown Sedan di Jepang, beberapa waktu yang lalu. Toyota Crown Sedan resmi bergabung dengan Crossover dan Sport dalam lini keluarga baru Toyota Crown Series. Tentu saja sebagai varian berbodi sedan, Toyota Crown Sedan memiliki resep yang sedikit berbeda dari varian lainnya.

Perbedaan resep ini tercermin dari harga versi Sedan yang lebih mahal dari Crown lainnya yaitu dari 7,3 juta yen atau Rp 756 juta (kurs 1 yen = Rp 103,5). Apa saja yang menarik dari Toyota Crown Sedan? Fakta pertama, Crown Sedan mempertahankan resep penggerak roda belakang.

Toyota Crown Sedan.

Yup, tidak seperti Crown Crossover dan Sport yang memakai platform TNGA-K, Crown Sedan memakai platform TNGA-L. Fakta kedua, pemakaian platform TNGA-L ini memungkinkan Toyota untuk mewujudkan Crown Sedan dengan teknologi hidrogen.

Toyota Crown Sedan menjadi model sedan kedua Toyota yang memakai teknologi fuel cell hidrogen setelah Mirai. Seperti Mirai, Crown Sedan memiliki fuel cell hidrogen bertenaga 128 kW atau 171 dk sebagai generator listrik. Listrik dari fuel cell tersebut disalurkan ke baterai Lithium-ion berkapasitas 4 Ah sebelum ke motor listrik penggerak roda belakang bertenaga 134 kW atau 180 dk dan bertorsi 300 Nm.

Toyota Crown Sedan memakai platform penggerak roda belakang yang memungkinkan adopsi teknologi hidrogen dari Mirai.

Fakta ketiga, Crown Sedan hidrogen memiliki tiga tangki yang mengisi tempat di mana kopel berada. Tiga tangki tersebut memiliki kapasitas 141 liter dan bisa memberikan jarak tempuh 820 kilometer pada sekali pengisian hidrogen.

Fakta keempat, konsumen yang memilih Crown Sedan termurah disuguhkan dengan sistem hybrid bermesin empat silinder 2.487 cc. Mesinnya mampu menghasilkan tenaga 136 kW atau 182 dk dan torsi 225 Nm. Kinerjanya dibantu motor listrik berkode 2NM yang memiliki tenaga 132 kW atau 177 dk dan torsi 300 Nm.

Sumber : gridoto.com

viewed :: 188
Pasang banner ? hubungi : widipriono@gmail.com

Berita Terkait Lainnya :