28 November 2023
TIPS MOBIL

Ini Tips Ganti Oli Mobil Sendiri di Rumah



Mengganti oli mobil di bengkel memang masih menjadi alternatif yang lebih praktis. Namun, sering kali antrean servis dan ganti oli di bengkel sangat panjang, sehingga mengharuskan pemilik mobil menunggu lama.

Untuk itu, banyak pemilik mobil yang hanya membeli oli di bengkel dan menggantinya sendiri di rumah. Hal itu pun perlu perhatian khusus agar tidak salah dan tidak menimbulkan masalah fatal.

Mekanik di bengkel United Oil Station Yustinus pun memberikan sedikit tips untuk mengganti oli mobil sendiri di rumah. Hal pertama yang harus dilakukan adalah buang oli bekas dengan membuka karter oli dari bagian bawah.

Tapi, hal itu tidak cukup hanya dengan membuka penutup karter oli di bawah. Pemilik mobil juga disarankan untuk membuka penutup lubang yang biasanya untuk menuangkan oli di balik kap mobil.

"Kita tinggal buka aja di bawah ya di karter oli, terus kita buka tutup olinya itu yang buat
pengisiannya biar udaranya keluar semua. Nanti oli itu turun ke bawah semua," kata Yustinus.

Tapi, jangan sembarangan membuka penutup oli tersebut. Penutup itu dianjurkan agar tidak dibuka secara keseluruhan.

"Jadi yang atas jangan dibuka semuanya, kalau bisa asal dikendurin aja jadi udara panasnya keluar semua, kotorannya turun semua ke bawah. Jangan dibuka semua. Kalau dibuka semua ya kita takut kejatuhan benda apa gitu," lanjut Yustinus

Sebab, kalau penutup itu dibuka secara keseluruah dan benda lain akan masuk ke dalam bak oli, mesin mobil akan mengalami masalah besar. Bahkan bisa berakibat turun mesin.

"Nanti kalau tahu-tahu ada baut jatuh ke situ kan malah masalah, cuma ganti oli kok malah jadi turun mesin nih. Jadi asal kendur aja biar nguap aja," saran Yustinus.

Pembuangan oli bekas itu tidak memakan banyak waktu. Menurut Yustinus, sekitar 5 sampai 6 menit oli bekas sudah terbuang semua.

"Pembuangannya kita tunggu sampai oli itu enggak menetes aja. Sekitar 5-6 menit lah udah enggak netes," katanya.

Setelah oli bekas selesai dibuang, tutup kembali karter bawahnya. Selanjutnya, isi oli baru sesuai kapasitas penampung oli pada mobil.

Berapa liter oli yang harus diisi sudah pasti dianjurkan oleh setiap pabrikan. Misalnya, kata
Yustinus, Toyota Avanza cukup diisi oli sebanyak 3 liter dan Kijang Innova cukup 5 liter.

viewed :: 12591
Pasang banner ? hubungi : widipriono@gmail.com

Berita Terkait Lainnya :