14 Mei 2024
TIPS MOTOR

'Kalau Disentil, Pelek Asli Akan Berdenting Panjang dan Jernih'



PT Alcar Chemco Indonesia (Chemco) didaulat oleh sejumlah produsen motor di Indonesia untuk membuat pelek bagi motor-motor mereka. Standarnya pun diklaim sangat terjaga.

Demi menghindari produk yang bagus dan kurang bagus, atau lebih jauh asli dan palsu, Safi Saelendra dari Sole Distributor Chemco Cast Wheel pun memaparkan perbedaannya.

Menurut Safi Saelendra, produk dari luar ataupun produksi rumahan memiliki standar material yang tidak sama dengan mereka. Salah satu yang paling mudah terlihat adalah pada persoalan pencetakan atau casting.

"Chemco pakai low preasure. Hasilnya sangat halus. Sudut-sudutnya, finishing dari permukaannya itu sangat halus.

Kalau yang palsu, sudutnya lebih kasar," urai Safi.

Hal ini terutama bisa dilihat pada rumah bearing. Jika kualitasnya tidak bagus, rumah bearing tidak akan mengkilap seperti kaca.

"Di produk Chemco, rumah bearing-nya itu sangat bersih. Itu bisa kelihatan bahwa material yang kita pakai itu tidak sembarangan."

Satu hal lain yang bisa diujicobakan langsung oleh calon konsumen untuk memastikan kualitas pelek bagus dari Chemco adalah bunyi yang akan terdengar ketika pelek itu disentil.

"Di Chemco ada yang namanya heat threatment. Jika sudah melalui proses ini, setelah sudah berbentuk pelek. Threatment-nya sendiri membutuhkan waktu 12 jam," ulas Safi.

Lebih jauh ia menjelaskan bahwa proses ini pada intinya adalah membuat komposisi material aluminium yang sangat kuat.

Walau padat, tidak serta-merta proses terhadap pelek mengorbankan faktor bobot sehingga produk bisa kuat tetapi ringan. Struktur molekul dari aluminiumnya bisa terikat dengan rapi.


viewed :: 12610
Pasang banner ? hubungi : widipriono@gmail.com

Berita Terkait Lainnya :