15 Mei 2024
TIPS MOBIL

Tips Kenali Shockbreaker Sudah Payah



Tugas shockbreker memang cukup berat. Peranti ini harus berjuang ekstra berat disaat mobil mendapatkan beban yang berat juga. Karena itu, jika shockbreaker ini payah, keseimbangan mobil pun, akan sangat terganggu.

Ada beberapa hal yang bisa dikenali jika shockbreaker ini sudah kepayahan. Lankahnya bisa Anda rasakan sendiri saat melewati jalanan berlubang atau gundukan. Mobil akan mengalami guncangan yang sangat keras akibat suspensi yang tidak bekerja optimal. Kalau hal ini sudah terjadi, berarti memang shockbreaker perlu diperbaiki.

Perhatikan juga perubahan-perubahan fisik yang terjadi pada fisik shockbreaker yang ada. Bisanya jika shockbreaker yang payah, aakn ditemukan beberapa perubahan seperti oli bocor. Atau bisa saja shockbecker penyot pada sisi luar karena benturan. Hal seperti ini tentu perlu diwaspadai karena bisa saja sangat mengganggu suspensi.

Jika ada ditemukan rembesan oli keluar dari tabung, bisa diperkirakan bahwa shockbreaker mengalami keausan. Ditambah lagi, bisa juga hal ini karena karet bantalannya sudah mengalami getas dan tak layak pakai.

Kalau pemilik kendaraan hanya mengandalkan usia servis berkala. Atau mungkin banyak mengedepankan soal usia yang shockbreaker, bisa saja hal itu tidak akan menjamin keakuratan. Karena, tentu saja banyak faktor yang menyebabkan shockbreaker ini mengalami kerusakan, termasuk cara beban dan cara pakai kendaraan.

viewed :: 13421
Pasang banner ? hubungi : widipriono@gmail.com

Berita Terkait Lainnya :