28 Mei 2024
SPORTS MOTOR

Pertahankan Marquez Rencana A, Tapi Ada Plan Cadangan



Motorsport.com berbincang dengan Michele Masini, manajer tim Gresini Racing, di sela MotoGP Catalunya. Tujuan tim asal Faenza ini adalah mempertahankan Marquez bersaudara untuk musim depan. Namun, ia tidak merahasiakan fakta harus punya rencana berbeda agar siap dalam situasi apa pun.

Musim 2024 telah ditunggu-tunggu dengan penuh harap. Banyak kontrak yang akan berakhir, praktis banyak penantian terkait kepastian masa depannya. Di antara mereka adalah Marc Marquez, yang harus memutuskan apakah akan terus bersama tim Gresini atau mengambil jalan lain. 

Juara MotoGP enam kali ini menjadi incaran tim pabrikan Ducati, namun masih butuh waktu sebelum keputusan finalnya diketahui.  Gresini Racing, bagaimanapun juga, tidak tinggal diam. Tim yang dipimpin oleh Nadia Padovani ini berada di peringkat ketiga dalam klasemen berkat adaptasi sangat cepat pebalap asal Cervera itu dengan Desmosedici GP23.


Rapor ini membuat mereka berharap bisa mempertahankan mantan bintang Honda Racing itu. Jika seseorang mengatakan kepada Anda setahun lalu bahwa Gresini akan memiliki susunan pebalap luar biasa seperti sekarang, bagaimana reaksi Anda?

Saya akan mulai dengan Marc. Dia adalah orang yang memilih kami, jadi dia memberi kami banyak kepercayaan diri yang sekarang coba kami balas dengan cara terbaik dengan banyak tanggung jawab. Namun, saya juga ingin memberikan medali untuk Gresini Racing.

Kami memulai musim 2022 dan kami telah mencapai hasil dengan semua pebalap yang kami miliki, yaitu empat besar. Kami memulai dengan Enea Bastianini, kami juga membawa Fabio Di Giannantonio meraih kemenangan.

Tahun ini, Alex Marquez mengalami sedikit kesulitan dari segi teknis, tetapi kami telah meraih banyak hasil. Kami tahu bahwa ia dapat memberikan kami banyak kepuasan. Kami sudah mendapatkan hasil yang sangat baik dengan Marc.

Pilihan Alex, dan akibatnya pilihan Marc, yang akan terpengaruh, saya pikir itu sedikit berkat kami. Jika kami tidak membangun tim seperti ini antara 2021 dan 2022 bersama Ducati, dengan semua keinginan dan hasil ini, itu tidak akan pernah memberi apa yang kami miliki saat ini di dalam kotak. Saat ini, semua itu adalah pilihan yang telah membuahkan hasil bagi kami.

Marc Marquez, Gresini Racing

Pilihan-pilihan ini dari waktu ke waktu membuahkan hasil. Apakah ada sinergi khusus di dalam box? Nilai tambah kami tahun ini adalah memanfaatkan hubungan kedua pebalap. Kami bertemu di akhir sesi dengan mereka dan kepala teknisi masing-masing. Hal ini tidak sering terjadi, mungkin hanya pada saat-saat sulit, karena rekan satu tim adalah rival pertama. Mereka justru saling memacu satu sama lain.

Alex juga memiliki lebih banyak pengalaman daripada Marc dengan Ducati, meskipun ia merasa lebih sulit dengan GP23. Untuk semua pebalap yang memiliki GP23, pendekatannya berbeda, sedikit lebih melelahkan karena ini adalah motor dengan potensi besar, tetapi sangat sensitif untuk diatur. 

Alex juga, seperti pebalap lainnya, datang dengan perasaan yang berbeda. Jika sebelumnya dia sangat kuat, sekarang merasakan hal yang berbeda. Jadi kami harus mencoba untuk lebih dekat. Kami harus mencoba mengeluarkan (potensi) Alex yang ada di Jerez di setiap balapan.

Alex Marquez, Gresini Racing

Secara paradoks, Marc memiliki waktu yang lebih mudah karena dia belum pernah mengendarai Ducati sampai sekarang. Dia memiliki pengalaman yang sama sekali berbeda, dia adalah juara dunia delapan kali. Tapi, dia juga pebalap yang pernah mengendarai motor lain, jadi ini adalah pendekatan pertama baginya. Ini adalah Ducati pertama yang ia temui. Kisahnya beradaptasi dengan motor, lingkungan, dan segala sesuatu yang lain sangat berbeda.

Mengingat situasi teknik dan manusia ini, apakah target untuk 2025 adalah mempertahankan Alex dan Marc? Tepat sekali, tidak dapat disangkal bahwa itu bukan rencana A kami. Apakah Anda punya rencana lain? B? C? Anda harus selalu memiliki rencana dan rencana itu akan selalu ada. Jelas bahwa ini adalah situasi yang akan bergerak secara berantai. Pertama-tama, para pebalap top akan bergerak dan kemudian semua yang ada di grid.

Marc Marquez, Gresini Racing

Tidak hanya pasar pebalap, tetapi juga tim dan motor. Apakah targetnya juga untuk memiliki setidaknya satu dari dua motor pabrikan Ducati pada 2025? Dengan Ducati, kami memiliki kontrak hingga 2025. Kami berkolaborasi dengan sangat intens dan sangat baik.

Hubungan ini terus berkembang, karena ini adalah tahun ketiga kolaborasi kami. Gresini Racing selalu memiliki aspirasi untuk menjadi tim referensi pabrikan di masa depan, saya tidak tahu apakah itu dalam waktu dekat atau nanti. Kami memiliki banyak pengalaman di belakang kami dan jelas memiliki motor pabrikan adalah evolusi alami dari sebuah jalur.

Berbicara tentang evolusi jalur: jika ada proposal yang datang, apakah Anda merasa siap untuk mengambil peran ini, tetapi di tim pabrikan, meskipun harus meninggalkan keluarga Gresini? Sejujurnya, kami sangat tenggelam dalam tahun ini sehingga saya tidak pernah memikirkannya. Tahun ini, menurut saya adalah kuncinya, karena belum pernah sebelumnya kami memiliki kesempatan besar untuk berkembang.

Kami mencoba memahami, terutama dari Marc, semua yang terjadi di balik melihat seorang juara seperti dia di lintasan. Ini sangat istimewa, ada perhatian yang berbeda pada setiap detail, ada kebutuhan yang cukup kuat dibandingkan dengan pebalap lain, tanpa meremehkan yang lain.

Ini adalah tahun yang ingin kami nikmati sampai akhir tanpa memikirkan apa yang akan kami lakukan tahun depan. Jelas bahwa ekspektasi untuk hasil sangat besar, tetapi kami sangat menikmatinya! Jadi, saya berpikir tentang 2024.

Sumber : id.motorsport.com

viewed :: 1105
Pasang banner ? hubungi : widipriono@gmail.com

Berita Terkait Lainnya :