27 Mei 2024
SPORTS MOTOR

Race Moto2 Catalunya: Ogura Menang, Akhir Tragis Aldeguer



Ai Ogura memimpin Moto2 Catalunya di Montmelo, Minggu (26/5/2024). Hasil akhir yang buruk bagi Fermin Aldeguer dengan penalti dan kecelakaan. Segalanya tampak mengindikasikan bahwa Aldeguer akan bertarung untuk meraih kemenangan, atau setidaknya berada di urutan kedua, setelah duel sengit dengan pemimpin klasemen Moto2, Sergio Garcia. 

Namun, di bagian akhir balapan, ia malah mendapat Long Lap Penalty dan terjatuh saat menyelesaikannya. Hal ini membuat pebalap MT Helmets - MSi ini mengambil posisi pertama, namun tak lama kemudian ia disalip oleh rekan setimnya dari Jepang, Ai Ogura.

Jake Dixon berada di posisi ketiga setelah mengambil keuntungan dari kecelakaan yang dialami Aron Canet dan Celestino Vietti. Di klasemen, Garcia terus memimpin dengan 109 poin, unggul 20 poin dari Joe Roberts yang mengalami mimpi buruk, 22 poin dari Ogura dan 46 poin dari Aldeguer.

Ai Ogura, MT Helmets MSI
 


Kategori menengah juga berlangsung dalam suhu yang panas. Semua pebalap baris pertama menggunakan ban belakang soft dan di baris kedua dengan ban medium. Di awal, Sergio Garcia berhasil mempertahankan posisi pertama meskipun Boscoscur terangkat, di depan Albert Arenas dan Ai Ogura, sementara Izan Guevara, Somkiat Chantra, dan Ayumu Sasaki berada di belakangnya. Pebalap Spanyol itu memiliki strategi jelas dan mencoba membuka celah.

Aldeguer adalah salah satu yang ingin melakukan comeback lebih awal, menempati posisi kedua pada dua lap awal, di atas Albert Arenas, Ogura, Celestino Vietti, Alonso Lopez, Ai Ogura, Daniel Munoz, dalam balapan keduanya di kategori ini, dan Senna Agius.

Pebalap yang akan promosi ke MotoGP itu mulai melaju dengan cepat. Pada lap kedua di Tikungan 10, ia melibas Garcia, tetapi pebalap Valencia itu mengembalikan posisi di tikungan pertama lap ketiga.

Grup mulai kehilangan anggota, dengan dua insiden lagi untuk Daniel Munoz dan Diogo Moreira. Di depan, pertempuran berlanjut dengan pebalap Spanyol itu mengulangi manuver di titik yang sama.

Garcia mencoba mengulanginya di Tikungan 1, tetapi pada lap ke-4 dari 21 lap yang direncanakan, #54 berhasil menahan #3, melanjutkan duel mereka yang mengesankan. Setelah itu, pebalap SpeedUp mulai menjauh dan mengambil 0,7 detik dari Garcia, yang pada gilirannya meninggalkan grup belakang dengan selisih 0,9 detik.

Di grup ini, Alonso Lopez dan Albert Arenas bertarung untuk memperebutkan posisi ketiga, dengan pebalap Spanyol itu menang atas pebalap Catalan. Manu Gonzalez tidak dapat melanjutkan balapan setelah terjatuh.

Ai Ogura, MT Helmets MSI

Di depan, situasi menjadi stabil, dengan Garcia mengejar Aldeguer dengan selisih waktu setengah detik. Di belakang, Arenas tidak dapat merespon Lopez dan dikalahkan oleh Ogura, membuatnya turun ke posisi kelima.

Dengan 11 lap tersisa, pebalap Jepang ini mampu mengalahkan pebalap #21 untuk naik podium. Aron Canet dan Vietti bertarung memperebutkan posisi keenam, yang akhirnya dimenangkan oleh pebalap asal Valencia itu.

Balapan tetap berjalan tenang hingga terjadi drama di bagian depan. Dengan 8 lap tersisa, Aldeguer mendapat Long Lap Penalty karena melebihi batas lintasan lebih dari 3 kali, ketika Garcia berusaha keras untuk mengejarnya. 

Pebalap Spanyol itu ingin menjalani hukuman pada lap berikutnya tetapi crash tepat saat memulai balapan, jadi alih-alih kehilangan keunggulan karena penalti, ia justru keluar dari balapan, mengumpulkan nilai 0 yang membuat segalanya menjadi sangat sulit baginya.

Namun, aksinya tidak berhenti sampai di situ. Ogura, setelah menempati posisi ketiga, mulai secara bertahap menutup jarak dengan rekan setimnya di MT Helmets - MSi, dan pada lap ke-18, dengan 4 lap tersisa, pebalap Jepang itu menyalip Garcia untuk naik ke puncak, dalam perjalanan menuju kemenangan di Circuit de Barcelona-Catalunya.

Dan masih ada lagi, karena ada juga pergerakan untuk naik podium. Beberapa pebalap yang terlibat dalam pertarungan di belakang, seperti Aron Canet dan Celestino Vietti, terjatuh. Hal ini memberikan kesempatan bagi pebalap Inggris Jake Dixon untuk naik ke P3 di depan Jeremy Alcoba, Senna Agius dan Albert Arenas, setelah pertarungan sengit untuk memperebutkan posisi keempat.

Marcos Ram√≠rez, Alonso L√≥pez, Tony Arbolino, Zonta van der Goorbergh, Joe Roberts, Jorge Navarro, Filip Salac, Jaume Masi√†, dan Darryn Binder melengkapi perolehan poin dalam balapan yang sangat padat. 

Hasil Race Moto2 Catalunya :

Sumber : id.motorsport.com

viewed :: 1119
Pasang banner ? hubungi : widipriono@gmail.com

Berita Terkait Lainnya :