15 Mei 2024
SPORTS MOBIL

Visi Tim-Tim Untuk Tingkatkan Promosi WRC



Visi jangka panjang Kejuaraan Reli Dunia (WRC) untuk meningkatkan profil kategori ini telah mendapatkan respon positif dari para tim. Promotor WRC mempresentasikan visinya kepada kelompok pemangku kepentingan utama, yang meliputi Hyundai, Toyota, Ford, Stellantis dan Skoda bersama dengan perwakilan dari FIA dalam sebuah pertemuan di Reli Portugal, Sabtu (10/5/2024).

Meningkatkan promosi kejuaraan telah ditetapkan sebagai tujuan utama oleh tim dan pereli yang telah mengkritik Promotor WRC dalam beberapa bulan terakhir. Di akhir pekan kemarin, Promotor WRC memamerkan rencana terperinci untuk mengatasi kekhawatiran dan meningkatkan promosi kategori ini. 

Meskipun rincian dari semua konsep tersebut belum diungkapkan, Promotor mengumumkan peta jalan yang jelas untuk penyelenggaraan ajang itu di Amerika Serikat pada 2026 yang mencakup investasi langsung dan keterlibatan dalam promosi acara.


Mereka juga berkomitmen untuk meningkatkan kehadiran penggemar di acara-acara melalui pengembangan pengalaman penggemar di tempat, di samping rencana untuk berinvestasi dalam media sosial dan digital. Presentasi ini disambut secara positif oleh para tim dengan tanggung jawab yang kini menjadi tanggung jawab semua pemangku kepentingan untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan tersebut.

Toyota - Visi memberikan arah yang jelas
Prinsipal Toyota, Jari-Matti Latvala, tidak hanya terkesan dengan arah strategi yang jelas, namun juga senang melihat komitmen lebih besar dari Promotor WRC. "Secara keseluruhan apa yang kami dapatkan di sana adalah hal-hal yang bagus dan mereka benar-benar mendorong agar Rally USA bisa terlaksana dan itu adalah salah satu poin yang sangat penting," kata Latvala kepada Motorsport.com.

"Mereka memiliki pendekatan yang berbeda untuk masa depan untuk mendapatkan lebih banyak kegembiraan dan lebih banyak penggemar yang terlibat dalam olahraga ini. Secara keseluruhan, saya harus mengatakan bahwa sangat positif melihat ide-ide yang mereka miliki.

"Bagi saya, tampaknya ada arah yang baik sekarang dan jelas apa yang ingin mereka lakukan. Saya akan mengatakan bahwa ini sedikit lebih terkendali dan saya pikir itu bagus untuk memiliki komitmen tersebut. Saya dapat melihat bahwa ada lebih banyak komitmen yang datang dari promotor dan itu adalah hal yang baik."

Jari-Matti Latvala, Team principal Toyota Gazoo Racing, Elfyn Evans, Toyota Gazoo Racing WRT Toyota GR Yaris Rally1

Hyundai - WRC dan FIA harus menjadi kekuatan pendorong
Visi Promotor WRC digambarkan oleh kepala tim Hyundai, Cyril Abiteboul, sebagai "katalog langkah dan tindakan yang kuat" meskipun mantan bos Renault Formula 1 ini khawatir bahwa tata kelola WRC yang terpecah-pecah dapat menjadi batu sandungan untuk mencapai tujuan akhir. Abiteboul menyerukan kepada promotor dan FIA untuk memiliki kontrol yang lebih besar atas semua aspek kejuaraan.

"Sama sekali tidak ada yang salah dengan semua hal yang disajikan dan justru sebaliknya, dengan kalender yang lebih baik dengan acara di Amerika Serikat, dan tidak ada yang salah dengan strategi penyiaran yang sedikit berbeda," tutur Abiteboul kepada Motorsport.com. "Itu adalah katalog tindakan dan aksi yang kuat.

"Saya pikir kita perlu melihat secara umum bagaimana olahraga ini terstruktur dan para pemangku kepentingan dan melihat bagaimana kita bisa memiliki kontrol lebih besar atas olahraga ini. Saya pikir apa yang benar-benar hilang adalah kemampuan untuk mengarahkan olahraga ke arah yang kita inginkan.

"Kita perlu memikirkan perubahan yang perlu dilakukan agar promotor dan FIA bersama-sama dapat menjadi kekuatan pendorong dalam reli, karena langkah apa pun yang kita terapkan akan gagal karena tata kelola yang terpecah-pecah yang kita miliki dalam reli.

"Jika Anda bertanya kepada saya tentang contoh spesifik dari apa yang saya maksudkan, kami semua mengeluhkan format acara. Kami semua berbicara dengan promotor dan FIA, tetapi kami tahu bahwa format acara tidak ditentukan oleh mereka, tetapi oleh penyelenggara acara. Hal ini cukup penting.

"Anda dapat melihat bahwa kategori lain memegang kendali penuh atas sejumlah keputusan dari segi promosi dan organisasi. Badan-badan yang mengatur sebenarnya tidak memegang kendali. Kami harus berhenti menjadi tamu di acara-acara kami dan kami harus mengambil alih kendali karena perubahan apa pun yang ingin kami terapkan akan gagal karena fragmentasi keputusan."

Thierry Neuville, Martijn Wydaeghe,
Hyundai World Rally Team Hyundai i20 N Rally1

M-Sport-Ford: Sekarang saatnya untuk memberi
Komitmen untuk mengikuti ajang di Amerika Serikat pada tahun 2026 telah diterima dengan baik oleh M-Sport karena hubungannya dengan Amerika melalui Ford, yang saat ini memberikan dukungan semi-pabrik kepada tim asal Inggris tersebut.

Bos Richard Millener merupakan salah satu dari mereka yang mendorong peningkatan promosi WRC dan terkesan dengan "strategi yang jelas" untuk masa depan. "Saya rasa jika kami bisa mewujudkan apa yang telah dijanjikan, maka saya rasa hal ini akan sangat positif," ungkap Millener kepada Motorsport.com.

"Itu adalah strategi yang jelas untuk beberapa tahun ke depan tentang apa yang ingin mereka lakukan dan jelas mereka telah mengumumkan pendekatan yang sangat jelas untuk menyelenggarakan acara di Amerika Serikat, itu saja tidak akan menyelamatkan semua yang perlu kami lakukan, tetapi itu adalah pernyataan yang sangat berani untuk memulai dan kemudian banyak hal baik yang akan terjadi setelah itu.

"Sekarang, kuncinya adalah untuk benar-benar mewujudkannya dan sekarang kami telah mengadakan beberapa pertemuan dengan FIA tentang kerangka kerja teknis 2027 dan ada beberapa keputusan bagus tentang itu, dan kami tahu bahwa itu harus diselesaikan dan disampaikan sesegera mungkin. "Kami sekarang harus melakukan banyak hal setiap minggunya, tetapi apa yang ditunjukkan kepada saya adalah hal yang positif, dan sekarang kami harus menindaklanjuti apa yang dikatakan. Saya harap kami bisa melakukan itu."

Sumber : id.motorsport.com

viewed :: 185
Pasang banner ? hubungi : widipriono@gmail.com

Berita Terkait Lainnya :