15 Mei 2024
SPORTS MOTOR

MotoGP India Terancam Dibatalkan, Kazakhstan Jadi Pengganti?



Saat MotoGP Kazakhstan - yang sedianya digelar pada pertengahan Juni - ditunda sampai akhir 2024 karena "situasi darurat nasional" karena banjir, pertanyaan yang muncul adalah di mana event tersebut akan ditempatkan di tengah kalender yang berjejal.

Awalnya, akhir pekan Kazakhstan bisa ditempatkan tepat sebelum flyaway - antara Misano (8 September) dan India (22 September). Itu memungkinkan secara letak geografis, namun itu akan membentuk rentetan enam putaran dari enam akhir pekan.

Alternatif lain bisa ditempatkan setelah flyaway - antara Malaysia dan Valencia - yang akan membentuk lima event di lima akhir pekan. Namun dengan tes pasca-musim Valencia, plus cuaca dingin Kazakhstan pada bulan November, itu juga bukan opsi realistis.


Dengan asumsi libur musim panas tidak bisa diganggu gugat, satu-satunya slot yang tersedia adalah di bulan Agustus - antara Silverstone (4 Agustus) dan Red Bull Ring (18 Agustus). Razlan Razali, mantan CEO Sepang dan bos tim SRT/RNF MotoGP, baru-baru ini menyambangi Sokol International Circuit, mengklaim di sosial media bahwa: "Sirkuitnya telah selesai dan akan siap untuk menggelar balapan [MotoGP] pertamanya."

Ketika ditanya mengenai tidak adanya tanggal pengganti yang jelas untuk musim ini, Razali menjawab dengan percaya diri: “Itu hanya ditunda, lihat saja nanti.” Jadi, kapan putaran Sokol akan digelar? Motorsport.com melaporkan bahwa Kazakhstan bisa menjadi pengganti putaran India, yang akan menggelar balapan MotoGP keduanya pada 20-22 September. Keraguan itu muncul “karena promotor lokal tidak memenuhi komitmen finansial yang ditetapkan dalam kontrak.”

Motorsport menetapkan bahwa batas waktu 20 Mei telah diberikan “bagi India untuk melakukan pembayaran.” Jika tidak, maka perjanjian tersebut akan dibatalkan, sehingga membuka jalan bagi Kazakhstan untuk menggantikan posisinya.

Ditanya seputar rumor penggantian India-Kazakhstan, juru bicara Dorna mengatakan kepada Crash.net bahwa ini adalah soal 'lihat dan menunggu' tentang apa yang terjadi dengan kedua balapan. Jadwal asli MotoGP 2024 direncanakan untuk 22 balapan, namun telah berkurang menjadi 21 dengan pembatalan Argentina di awal musim.

Sumber : crash.net

viewed :: 173
Pasang banner ? hubungi : widipriono@gmail.com

Berita Terkait Lainnya :