14 Mei 2024
GARASI MOBIL

GAC Merilis Generasi Kedua Aion V



Beijing Auto Show 2024 yang lalu diramaikan GAC yang memperkenalkan generasi kedua Aion V. Setelah debutnya, kendaraan ini diperkirakan akan mulai dijual pada bulan Juli. Sebagai model global, mobil listrik ini dirancang untuk menandai ambisi produsen dalam memperluas bisnisnya secara internasional.

Dengan tampilan yang sepenuhnya baru, kendaraan ini memiliki dimensi dan jarak sumbu roda yang lebih besar dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Kendaraan ini dibangun di atas platform AEP, sebuah platform digital elektrik murni yang dikembangkan oleh produsen itu sendiri. GAC mengklaim bahwa penggunaan platform ini memungkinkan peningkatan utilitas ruang kabin sebesar 20 persen, dengan bagasi belakang yang bahkan lebih besar dari model BMW X5.

Ini juga didukung oleh sistem pendinginan cairan kompak yang terintegrasi dengan sistem elektrifikasi, yang membantu mengoptimalkan tata letak kabin depan. Efisiensi komponen penggeraknya juga diklaim sebagai yang tertinggi di dunia, mencapai 90,5 persen dengan kecepatan yang dapat mencapai 20 ribu rpm.

GAC Aion V


Desainnya yang unik terinspirasi dari dinosaurus Tyrannosaurus Rex. Mencerminkan karakter Aion V yang mengutamakan kekuatan, teknologi, dan emosi. Kabinnya dilengkapi kursi depan yang dapat direbahkan menjadi tempat tidur sepanjang dua meter dengan tombol mudah digunakan. 

Ada juga kulkas kecil dan sistem audio dengan sembilan speaker yang tersebar di seluruh kabin. Mobil ini juga diperkuat dengan kokpit AI yang menggunakan model ADiGO Sense AI, yang dapat berkembang seiring interaksi dengan pengguna. Sistem edukasi in-vehicle iFlyteks juga telah terintegrasi.

Keunggulan lain dari generasi ini adalah jangkauan hingga 750 km berdasarkan standar CLTC. Mobil listrik ini juga dirancang untuk beroperasi dalam kondisi suhu ekstrem, dengan klaim dapat berfungsi dari suhu minus 30 derajat Celsius hingga 55 derajat Celsius. Sistem terbaru memungkinkan pengurangan konsumsi energi AC hingga 50 persen.

GAC Aion V

Platform 400V yang digunakan mengintegrasikan silicon carbide untuk pertama kalinya, memungkinkan pengisian daya 60 persen lebih cepat, sehingga hanya membutuhkan waktu pengisian 15 menit untuk jarak tempuh 370 km.

Teknologi terbaru yang diperkenalkan melalui Aion V adalah ADiGO Pilot, sistem berkendara cerdas yang didukung oleh chip Orin X dan berbagai sensor, termasuk unit Lidar, lima radar gelombang milimeter, dan sebelas kamera. Teknologi ini dapat memberikan bantuan berkendara di lingkungan perkotaan, termasuk di jalan bebas hambatan, tanpa memerlukan pemetaan yang sangat detail.

Brand Aion menjual 484 ribu mobil tahun lalu. Pada 2023, mereka berekspansi ke pasar Asia Tenggara dan Hong Kong. Dengan rencana mendukung pasar ini melalui pabrik di Thailand yang akan beroperasi bulan Juni dan pabrik sedang dibangun di Indonesia. GAC juga berencana untuk memperluas pasar Aion ke wilayah lain. 

Sumber : oto.com

viewed :: 164
Pasang banner ? hubungi : widipriono@gmail.com

Berita Terkait Lainnya :