29 November 2023
SPORTS MOTOR

Tim NASCAR Trackhouse Racing Minat Gantikan RNF Di MotoGP 2024



Tim NASCAR, Trackhouse Racing, hampir menjadi tim satelit MotoGP Aprilia untuk musim 2024, mengambil alih posisi RNF, demikian yang diketahui Motorsport.com. Pada Senin (27/11/2023), Dorna Sports - pemegang hak komersial MotoGP - mengumumkan bahwa mereka tidak akan mengizinkan RNF Racing untuk melanjutkan sebagai tim di grid tahun depan.

Pernyataannya mengatakan bahwa hal ini disebabkan oleh "pelanggaran berulang kali dan pelanggaran terhadap Perjanjian Partisipasi yang mempengaruhi citra publik MotoGP telah mewajibkan keputusan ini".

Hal ini menyusul laporan selama akhir pekan Grand Prix Valencia bahwa tim - dan khususnya mitra utama dan pemegang saham mayoritas CryptoDATA - berada dalam masalah keuangan dan pengambilalihan dari perusahaan Amerika mungkin terjadi.

Mantan bos dan direktur tim RNF, Razlan Razali, dalam sebuah wawancara dengan Motorsport.com, menimpakan semua kesalahan atas penolakan tim dari MotoGP kepada CryptoDATA dan menegaskan bahwa ada pemasok yang belum dibayar.

Dalam pernyataan Dorna, disebutkan bahwa "Komite Seleksi akan meninjau aplikasi untuk Tim Independen baru, yang menggunakan mesin Aprilia, untuk bergabung dengan grid kelas MotoGP 2024."

Motorsport.com telah mengetahui bahwa tim tersebut adalah Trackhouse Racing, asal Amerika Serikat yang dimiliki oleh Justin Marks dan Armando Christian Perez - yang lebih dikenal sebagai bintang rap Amerika Serikat, Pitbull.

Trackhouse memulai debutnya di NASCAR Cup Series di Daytona 500 2021 dan sejak itu telah mencetak lima kemenangan bersama Ross Chastain dan Daniel Suarez serta kemenangan bersejarah di Chicago bersama Shane van Gisbergen tahun ini.

Ross Chastain, Trackhouse Racing,
Worldwide Express Chevrolet Camaro

Trackhouse akan mengikuti proses pengajuan resmi untuk bergabung dengan grid, menyewa dua slot grid yang dikosongkan oleh RNF, dan harus memenuhi semua persyaratan Dorna agar dapat dilihat sebagai opsi yang layak.

Hal ini juga harus dilakukan dengan dukungan dari pabrikan, yaitu Aprilia. Motorsport.com mengetahui bahwa para investor Trackhouse ingin tim ini berekspansi ke luar Amerika Utara dan ke pentas dunia. Pemiliknya merasa bahwa MotoGP adalah tempat terbaik untuk melakukannya.

Seorang sumber yang dekat dengan Aprilia mengatakan pengumuman resmi akan dilakukan dalam beberapa hari ke depan. Pabrikan Italia - yang memenangi dua grand prix pada 2023 - senang dengan proyek Trackhouse.

Trackhouse akan menjalin hubungan kerja sama yang lebih erat dengan Aprilia dibandingkan dengan RNF, dengan sumber tersebut menyatakan bahwa kemitraan dari sisi teknis akan seperti yang dilakukan Ducati dengan Pramac. Aprilia sedang berusaha untuk menyediakan salah satu dari dua pebalap - antara Miguel Oliveira dan Raul Fernandez, yang dikontrak langsung oleh pabrikan - dengan motor 2024.

Raul Fernandez, RNF MotoGP Racing

Namun, mengingat waktu yang sempit untuk mengumpulkan semua sumber daya untuk membuat motor pabrikan ketiga, hal ini bukanlah jaminan. Proyek Trackhouse dijadwalkan akan hadir pada 2025, tetapi sekarang telah dipercepat karena masalah RNF - oleh karena itu tidak ada komitmen untuk dua motor pabrikan musim depan.

Tim RNF saat ini akan tetap berada di bawah bendera Trackhouse, mengingat pengetahuannya tentang Aprilia yang sudah ada sejak tahun ini, sementara semua aspek komersial akan ditangani oleh tim.

Pada tes Valencia, Selasa, Raul Fernandez akan mengendarai Aprilia dengan mekanik resmi dari pabrikan, sementara tim RNF akan menjalani libur musim dingin sebelum mendapatkan kontrak baru dengan Trackhouse di tahun baru. Motorsport.com telah menghubungi pihak Trackhouse untuk memberikan komentar.

Sumber : id.motorsport.com

viewed :: 1108
Pasang banner ? hubungi : widipriono@gmail.com

Berita Terkait Lainnya :