29 November 2023
SPORTS MOBIL

WEC Menambah Grid Menjadi 40 Mobil Pada Tahun 2025



Kejuaraan Ketahanan Dunia (World Endurance Championship) terus maju dengan rencana untuk memperluas grid menjadi 40 mobil pada tahun 2025. Bos seri, Frederic Lequien, dengan tegas menyatakan bahwa jumlah peserta akan ditingkatkan menjadi 40 setelah pengumuman daftar masuk untuk tahun depan yang berjumlah 37 mobil.

"Kami akan memiliki 40 mobil pada tahun 2025, pasti," kata Lequein. "Saya bisa memberi tahu Anda bahwa ini semacam obsesi di kantor, tetapi sangat sulit untuk menemukan keseimbangan yang tepat. Kami tidak akan memiliki kapasitas untuk menerima semua orang, karena kita bisa memiliki 43, 44, 45 mobil pada tahun 2025."

Lequien menekankan bahwa peningkatan lebih dari 40 mobil tidak akan mungkin dilakukan. "Ketika Anda berpartisipasi dalam WEC, Anda secara otomatis memenuhi syarat untuk Le Mans 24 Jam dan di Le Mans kita hanya memiliki 62 tempat - kita harus memperhatikan hal itu," jelasnya.

Lebih dari 40 entri dalam WEC akan mengurangi jumlah mobil yang dapat diundang oleh penyelenggara balapan ACO dan FIA dari seri terkait, seperti European and Asian Le Mans Series dan IMSA SportsCar Championship di Amerika Utara.

Pada Le Mans tahun ini, ada 10 entri otomatis dari seri Eropa dan Asia, serta tiga yang ditunjuk oleh organisasi IMSA. ACO telah menjamin 15 tempat di grid untuk mesin LMP2 pada tahun 2024 setelah kelas ini menghilang dari kejuaraan penuh WEC. Rencana untuk memiliki 40 mobil pertama kali diungkapkan kepada Motorsport.com oleh Pierre Fillon, presiden co-penyelenggara WEC, Automobile Club de l'Ouest, pada bulan September.


Pada awal bulan ini, diakui bahwa ekspansi tersebut telah ditunda dan grid akan tetap pada 37 mobil, meskipun keinginan untuk meningkatkan jumlah peserta tetap ada. Batas 2023 ditetapkan oleh kapasitas kompleks pit di lintasan Imola dan Austin yang menjadi tuan rumah putaran WEC pada bulan April dan September.

WEC perlu meningkatkan grid pada tahun 2025 ketika Aston Martin dan tim Heart of Racing dijadwalkan tiba dengan setidaknya satu Valkyrie Le Mans Hypercar, dan tim pabrik Iron Lynx berencana untuk memperluas dari satu menjadi dua SC63 LMDhs di divisi Hypercar.

Kapasitas maksimum 40 mobil akan berarti hanya ada tempat untuk satu mobil tambahan asalkan tidak ada pesaing yang keluar dari kejuaraan dan lapangan LMGT3 tetap pada sembilan produsen dan 18 mobil. Lequien menjelaskan bagaimana WEC akan menampung mobil tambahan di lintasan yang memiliki kurang dari 40 kotak pit masih dalam tahap pengembangan.

"Kami saat ini sedang berdiskusi dengan semua orang, semua tim, untuk memeriksa semua kemungkinan, terutama di LMGT3 untuk berbagi garasi [dengan setiap tim menjalankan dua mobil dari satu kotak]. "Ada begitu banyak parameter yang perlu diperhatikan." Lequien juga tidak menutup kemungkinan mobil tambahan bergabung dengan WEC pada tahun 2024 dengan jumlah pit yang diizinkan.

Sumber : id.motorsport.com

viewed :: 1114
Pasang banner ? hubungi : widipriono@gmail.com

Berita Terkait Lainnya :