27 November 2023
GARASI MOTOR

Royal Enfield Shotgun 650 Terinspirasi Bobber Concept SG650



Pada pameran Eicma 2021 silam, Royal Enfield sempat memamerkan motor konsep yang menarik perhatian publik yaitu Bobber Concept SG650. Motor konsep ini mengadopsi gaya klasik retro khas Royal Enfield 

Dilengkapi dengan fitur-fitur yang mendukung desainnya dari memakai lampu depan bundar, kaca spion bundar, desain tangki bahan bakar teardrop, kursi tunggal, knalpot ganda, dan sepatbor belakang yang lebar. Baru-baru ini, Royal Enfield merilis cruiser baru mereka, Shotgun 650 dalam edisi terbatas. Model ini terinspirasi oleh konsep SG650 tersebut.

Meskipun detail lengkap belum diketahui saat ini, mengutip MCN, beberapa waktu yang lalu, model ini didasarkan pada platform twin 650 yang sudah ada, yang juga mencakup Continental GT, Interceptor 650, dan Super Meteor 650 cruiser. Hal ini berarti Shotgun 650 kemungkinan akan menggunakan mesin parallel twin 648cc berpendingin udara/minyak.


Shotgun 650 diperkenalkan pada festival Motoverse Royal Enfield di Goa, India, sebagai edisi khusus terbatas 25 unit dengan corak biru hitam. Hanya tersedia untuk pengunjung acara dengan harga satu unitnya tidak diumumkan. Untuk versi produksi massalnya diperkirakan diluncurkan pada Maret 2024.

"Motornya ditenagai oleh platform 650-Twin pemenang penghargaan kami, dan sangat menyenangkan untuk dikendarai di jalur lurus maupun tikungan, Shotgun 650 adalah upaya kami untuk membawa kategori sepeda motor yang lebih khusus dan baru kepada para penggemar di seluruh dunia, " kata Siddhartha Lal, Managing Director Royal Enfield.

Sementara, Chief of Design RE Mark Wells mengatakan, konsep SG650 di Eicma pada tahun 2021, membuat orang-orang tertarik. “Karena itu kami memutuskan untuk membangunnya sebagai sepeda motor produksi, Shotgun 650 dibuat oleh tim yang sama yang merancang konsepnya," tambahnya.


Shotgun 650 dilengkapi dengan fitur menarik lainnya termasuk desain roda baru dengan ABS terintegrasi, komponen mesin yang diberikan lapisan hitam,  dan shock yang dapat disesuaikan.

Untuk rangkanya mirip dengan Super Meteor, pegangan pengendara diposisikan agak ke tengah, sehingga dapat membuat pengendara lebih dinamis daripada cruiser dengan posisi kaki yang lebih maju.

Sumber : voi.id

viewed :: 167
Pasang banner ? hubungi : widipriono@gmail.com

Berita Terkait Lainnya :