21 November 2023
SPORTS MOBIL

Terlalu Brutal, Petinggi F1 Desak Jadwal GP Las Vegas Diubah



Para bos tim Formula 1 bersatu dalam menyerukan perubahan jadwal untuk GP Las Vegas tahun depan setelah waktu yang terlambat untuk acara perdana terbukti menghukum para anggota tim. Jadwal acara ini lebih lambat dari yang pernah ada dalam sejarah olahraga ini, baik untuk menggeser penutupan jalan lokal ke sore hari maupun untuk mengakomodasi pemirsa TV di Eropa.

Sesi FP2 dan kualifikasi dijadwalkan berlangsung dari tengah malam hingga pukul 01.00 dini hari pada Jumat (17/11/2023) dan Sabtu pagi, meskipun kualifikasi baru selesai pukul 04.00 pagi karena adanya perbaikan pada penutup katup air. Balapan Sabtu malam digelar pada pukul 22.00.

Penundaan FP2 membuat anggota tim kerepotan karena harus menyesuaikan diri dengan perubahan waktu dari Eropa di akhir musim yang melelahkan. Vegas yang diikuti dengan pergeseran waktu 12 jam sebelum balapan akhir musim di Abu Dhabi akhir pekan depan.

Tahun depan tantangannya akan lebih besar lagi dengan Las Vegas sebagai awal dari tiga seri yang akan berlanjut ke Qatar dan Abu Dhabi. Para bos tim mengakui bahwa meskipun secara keseluruhan acara ini berjalan sukses, namun jadwalnya terlalu berat bagi para personel.

"Jika kami harus memperbaiki diri, mungkin waktunya," kata Fred Vasseur dari Ferrari ketika ditanya oleh Motorsport.com tentang apa yang bisa ditingkatkan dari acara ini. "Tidak mudah untuk menemukannya, jika Anda ingin memiliki waktu yang tepat untuk Asia, Eropa, Pantai Timur, Pantai Barat.

"Di masa lalu, kami tidak memiliki masalah karena F1 hanya untuk orang-orang Eropa, dan kami harus mengikuti pengaturan waktu Eropa, dan tidak masalah. "Sekarang ini adalah proyek di seluruh dunia, dan jauh lebih sulit untuk menemukan sesuatu yang sesuai dengan ekspektasi zona 24 jam. Tapi, kami akan menyesuaikannya."

Christian Horner dari Red Bull menjelaskan betapa sulitnya jadwal tersebut bagi para anggota tim. "Sebagai yang pertama, tentu saja, akan ada banyak pelajaran yang bisa dipetik," ungkapnya. "Salah satu hal yang harus dilihat adalah jadwal latihan karena ini sangat berat bagi tim dan semua orang yang berada di belakang layar.

"Semua orang meninggalkan Vegas dengan sedikit kecewa! Dengan satu atau lain cara, ini merupakan akhir pekan yang brutal bagi semua orang di belakang layar, dan saya pikir kita perlu melihat bagaimana kita dapat meningkatkannya untuk masa depan." Prinsipal asal Inggris itu mengatakan bahwa penyesuaian yang relatif kecil pun akan membuat perbedaan.

"Saya pikir jalankan sedikit lebih awal di malam hari karena Anda tidak akan pernah bisa membuat semua penonton televisi benar-benar senang," tuturnya. "Ini adalah balapan di Amerika. Jika Anda menjalankannya jam 8 malam atau semacamnya, itu akan sedikit lebih nyaman bagi para pria dan wanita yang bekerja di belakang layar."

Bos Aston Martin F1, Mike Krack, menyarankan agar olahraga ini membutuhkan waktu untuk menilai apa yang akan berhasil. "Kita tidak boleh menembak terlalu cepat sekarang, karena emosi, karena kelelahan," ujarnya. "Saya pikir penting bagi kita untuk melangkah mundur.

"Peraturan olahraga cukup kaku dalam hal waktu, mereka menghitung semuanya dari balapan, dari sesi yang berbeda. Jadi, Anda perlu mengubahnya. Tapi saya pikir itu mungkin untuk menggabungkan apa yang dibutuhkan oleh promosi balapan, dan apa yang dibutuhkan oleh tenaga kerja. Ini hanya butuh sedikit kerja keras."

Charles Leclerc, Ferrari SF-23, George Russell, Mercedes F1 W14

CEO AlphaTauri, Peter Bayer, yang memiliki wawasan ekstra tentang logistik balapan jalanan setelah sebelumnya bekerja untuk FIA, mengatakan bahwa timnya akan mendukung perubahan apa pun. "Tentu saja, kami akan mendukungnya," ucapnya kepada Motorsport.com. 

"Saya tidak tahu semua latar belakangnya dan mengapa hal itu dilakukan. Tapi, saya memiliki sedikit pengalaman, berasal dari FIA, dan mengetahui betapa sulitnya Formula E di banyak kota. Menutup jalanan memiliki dampak besar pada orang-orang yang tinggal di sini.

"Kami harus meninjau ulang semuanya, dan melihat bagaimana kami bisa berkembang. Saya berbicara dengan beberapa orang, beberapa dari mereka dengan cepat menemukan ritmenya. Saya mengalami hari yang buruk di hari kedua, saya pikir saya tidak akan berhasil! Namun, tiba-tiba Anda bisa melakukannya. "Jelas, sekarang kita akan terbang ke ujung dunia. Dan itu akan menjungkirbalikkan kita. Tetapi pada saat yang sama, itu sangat berharga."

Sumber : id.motorsport.com

viewed :: 182
Pasang banner ? hubungi : widipriono@gmail.com

Berita Terkait Lainnya :