22 November 2023
GARASI MOTOR

Italjet Dragster 559 Twin 2024, Skutik R4dikal Bermesin Moge



Skutik bermesin lebih dari 500cc sudah biasa, skutik bermesin 2 silinder juga sudah sangat umum. Tapi bagaimana dengan skutik bermesin moge tapi dengan tampilan yang radikal dan anti mainstream juga didukung dengan mesin tegak powerfull dengan potensi tenaga yang buas, tentunya itu hanya sekedar imajinasi saja. Tapi skutik bermesin moge ternyata beneran ada, karena pabrikan Eropa mewujudkanya dalam sosok Italjet Dragster 559 Twin 2024. Seperti ini penampakannya.


Italjet dikenal sebagai produsen skutik dengan model tak biasa dan lebih berorientasi pada produk yang mengutamakan pada performa mesin tapi juga desain yang unik dan antimainstream. Tapi sebelumnya, anak perusahaan Piaggio Grup saudaranya Aprilia ini pada awalnya hanya memiliki line up produk skutik 125cc dan 200cc, bahkan salah satunya sudah mulai dijual secara resmi di Indonesia 

Dan sekarang untuk menjangkau pasar yang lebih luas, Italjet mulai memasarkan produk Dragster series dengan kubikasi yang lebih besar, diantaranya Dragster 300 dan satu lagi Dragster 559 Twin versi 2024. Kedua produk tersebut menjadi magnet para pengunjung EICMA yang digelar di Milan Italia pekan kemarin.


Desain yang diusung Dragster 559 Twin ini masih memiliki garis khas Dragster series lainnya, secara keseluruhan konsep desain motor ini masih berbentuk skutik, tapi dengan ciri khas rangka teralis saling silang yang dipadukan dengan desain bodi yang minimalis, serba tajam dan tampilan facia bergaya Superbike Italia serta dua knalpot kiri kanan yang memberikan identitas jika motor ini memiliki mesin yang powerfull.

Namun bedanya, Dragster 559 Twin ini menggunakan mesin tegak 2 silinder yang berada tepat dibawah jok pengendara, sistem transmisinya bukan CVT seperti Dragster lainnya, melainkan menggunakan gearbox 6 percepatan dengan kopling manual seperti motor sport pada umumnya, dan tentunya kaki-kaki belakang menggunakan swing arm terbalik dengan penggerak rantai.


Perbedaan lainnya juga terdapat pada bagian depan, dimana jika Dragster lainnya menggunakan steering hub yang unik dan eksotis, sedangkan Dragster 559 Twin menggunakan suspensi depan inverted fork alais Upside down yang dipadukan dengan double front disc brake yang mengapit kaki-kaki dengan ban berukuran 120/70 dibagian depan dan 160/60 dibagian belakang dengan ukuran velg 15 inch dikeduanya. Dan tangkinya berada dibagian tengah seperti maxi skutik, dengan kapasitas tangki yang muat 16 liter BBM.

Selain itu, Moge skutik Italjet ini memiliki perangkat aerodinamis yang lengkap seperti winglet dibagian depan yang berbentuk kumis, juga sirip-sirip dikedua sisi sayapnya. Perangkat elektronik juga tentunya gak ketinggalan, selain lampu yang sudah serba LED, motor ini sudah menggunakan panel meter full TFT warna.


Bagaimana dengan mesinnya? Belum diketahui mesin dari motor apa yang mereka gunakan? Apakah sama dengan Aprilia RS457? Atau mocin? Belum terkonfirmasi. Namun data yang dipublish di laman media social mereka terungkap jika motor ini mengusung mesin 550cc 2 silinder DOHC 4 katup berpendingin cairan, dengan ukuran bore x stroke 72 mm x 67,6mm juga dengan berat hanya 180 kg, motor ini mampu mencapai tenaga maksimum diangka 58,33 Hp pada kitiran 8500 rpm dan torsi 55 Nm pada 6500 rpm.

Jika dilihat kubikasinya mirip dengan motor sport asal China yaitu QJMOTOR GS550R nih, apa mungkin mereka berkolaborasi ya? hehe… Terakhir, Untuk harga Dragter 559 Twin ini belum diumumkan, kemungkinan akan mulai dijual tahun 2024 mendatang. Apakah Indonesia juga bakal kebagian jatah? Wah, pastinya para Sultan disini sudah enggak sabar nunggu nih, hehe…

Sumber : warungasep.net

viewed :: 1120
Pasang banner ? hubungi : widipriono@gmail.com

Berita Terkait Lainnya :