17 November 2023
GARASI MOTOR

Hero XOOM 160 Skutik Adventure India Lebih Ganteng Dari ADV160



Pemimpin pasar pabrikan sepeda motor asal India unjuk gigi di pameran EICMA Milan 2023, mereka merilis banyak produk baru salah satunya adalah Hero Xoom 160 2024 yang merupakan skutik bergaya adventure yang dimana produk ini bisa dibilang head ti head dengan Honda ADV160, baik secara konsep desain, fitur dan spesifikasi mesinnya.


Pertama kita bahas desainnya. H0nda ADV memang menjadi fenomena tersendiri dimana walaupun bukan menjadi skutik global tapi produk Honda buatan AHM ini menjadi trendsetter dan bahkan menjadi salah satu icon dan role model skutik adventure di kelas kecil.


Walaupun sama sekali enggak mirip sama ADV160nya AHM, tapi beberapa karakter memang dibuat sama, sebut saja adjustable wndscreen, lampu sein depan terpisah. groud clearance tinggi, dual shock belakang, knalpot yang ‚Äúngaceng‚ÄĚ keatas, velg dengan palang Y yang dipadukan dengan ban patern semi dual purpose, dan spakbor belakang menggantung yang sporti.


Tapi Hero Xoom ini memiliki keunikan tersendiri, diantaranya dual headlamp LED simetris dengan bentuk tajam dan simetris, foot peg diecast yang solid, dan yang menarik skutik asal India ini memiliki karakter tampilan depan yang makin terasa aura adventure-nya karena memiliki tambahan duck fender seperti motor crossevoer atau moge adventure pada umumnya.


Beberapa fiturnya pun dibuat sama dengan ADV160, selain adjustable wind screen, skutik ini juga memiliki fitur idling ISS yang mereka namai i3S yang tentunya suara starternya lebih senyap, memiliki single channel ABS dan smartkey system. Hero Xoom 160 ini memiliki fitur yang enggak dimiliki ADV160 yaitu bisa terkoneksi dengan smartphone lewat aplikasi. tapi sayangnya entah kenapa pengereman belakang meniru model Aerox dimana masih pakai jenis rem tromol, hehe…


Sedangkan untuk mesinnya, 156cc, berpendingin cairan, 4-tak, SOHC berpendingin cairan, power maksimumnya berada diangka 14 BHP @ 8000 RPM dan torsi 13,7 Nm @ 6500 RPM yang dipadukan dengan CVT konvensional. gearbox otomatis.


Skutik crossover dari Hero Motocorp ini akan mulai dijual di India mulai tahun depan. Dan sepertinya menjadi persiapan dimana gosipnya Honda India juga akan mendatangkan ADV160 ke India sebagaimana Yamaha mengimpor Aerox 155 dari Indonesia. wah lebih seru di luar negeri nih persaingan skutik adventure, hehe… Disini mah ADV160 masih bermain sendiri, adpaun dari Aprilia mesinnya 200cc yaitu Aprilia SR GT 200.

Sumber : warungasep.net

viewed :: 177

Berita Terkait Lainnya :