25 Mei 2023
SPORTS MOBIL

Honda Resmi Jadi Pemasok Mesin Aston Martin Mulai F1 2026



Usai menjadi perbincangan hangat, Honda akhirnya resmi mengumumkan kerja sama dengan Aston Martin di kancah F1. Honda akan menjadi pemasok power unit atau unit daya untuk Aston Martin mulai F1 2026 nanti, saat regulasi baru akan bergulir.

Sebelum resmi, desas-desus kerja sama antara pabrikan Jepang dan Inggris ini sudah terdengar pada beberapa pekan terakhir. Honda yang tadinya berniat mundur dari ajang balap jet darat tersebut, akhirnya berhasil dibujuk untuk kembali dengan regulasi mesin baru F1 2026 yang lebih sarat elektrifikasi.

"Salah satu alasan kami mengambil tantangan baru ini adalah karena F1 berusaha untuk menjadi kejuaraan balap yang lebih berkelanjutan," ucap Toshihiro Mibe, Global CEO of Honda dalam siaran resminya, Rabu (24/5/2023). "Hal ini sejalan dengan Honda yang menuju netral karbon, dan F1 akan menjadi platform yang memfasilitasi pengembangan teknologi elektrifikasi kami," imbuhnya.

Awalnya Honda ingin melanjutkan kerja sama mereka dengan tim Red Bull, yang sudah terbukti membawa kesuksesan sejak 2019. Hanya saja Red Bull keburu menggandeng raksasa otomotif Amerika, Ford, hingga akhirnya Honda beralih ke Aston Martin untuk menjadikan tim pabrikan.

Kerja sama itu pun disambut baik Aston Martin, seperti disebutkan oleh Lawrence Stroll selaku CEO. "Aston Martin dan Honda sama-sama memiliki kemauan, tekad, dan ambisi tanpa habis untuk mendulang sukses di lintasan," ucap Lawrence dalam kesempatan yang sama.

"Honda adalah raksasa global dan kesuksesannya di kancah motorsport sudah tekenal sejak lama dan sangat impresif," imbuhnya. Tim Aston Martin F1 sendiri masih akan memakai mesin garapan Mercedes hingga masa tenggang regulasi yang berlaku saat ini atau hingga 2025 nanti.

Kerja sama antara Honda dan Aston Martin pastinya menjadi angin segar bagi pabrikan asal Inggris tersebut. Pasalnya, tidak jarang Aston Martin mengungkapkan bahwa ambisi mereka sebagai juara dunia di F1 akan sulit diraih apabila masih menjadi tim konsumen.

Status mereka sebagai tim pabrikan Honda mulai F1 2025 nanti, akan membuat Aston Martin lebih leluasa mendesain mobil. Karena tidak harus berkompromi dengan bentuk dan kebutuhan pendinginan dari mesin dan girboks pabrikan lain yang mereka pakai.

Aston Martin Honda sendiri akan menjadi tim ketiga yang berganti pemasok mesin pada F1 2026. Sebelumnya, sudah ada Sauber yang akan menjadi tim pabrikan Audi mulai 2024 mendatang. Pastinya Red Bull yang seperti disebutkan di atas, sudah menggandeng Ford untuk F1 musim 2026.

Sumber : gridoto.com/f1

viewed :: 1133
Pasang banner ? hubungi : widipriono@gmail.com

Berita Terkait Lainnya :