25 Mei 2023
HEADLINE MOTOR

Kenapa Di Singapura Tidak Ada Motor?



Kenapa di Singapura tidak ada motor menjadi perbedaan khas dibandingkan Indonesia Kebanyakan orang Singapura tidak memiliki sepeda motor walau mungkin mereka mampu membelinya.

Melansir Owi Newa pada, kenapa di Singapura tidak ada motor karena surat izin motor sangat tinggi. Pajak motor di Singapura mencapai USD8.984 atau Rp133 juta untuk sepeda motor yang berusia 10 tahun pada 2022.

Untuk itu, orang Singapura lebih memanfaatkan transportasi umum untuk memenuhi mobilitas. Perizinan kepemilikan motor naik sebanyak 200% dalam empat tahun terakhir. Biasa izin bahkan lebih tinggi dari harga kendaraan baru di Asia Tenggara.

Singapura sendiri telah mengatur jumlah sertifikat hak kepemilikan motor. Tujuannya untuk mengurangi jumlah motor dan mobil di Singapura.

Pemerintah Singapura telah membatasi hanya 140.000 motor yang mendapatkan izin. Sementara, mobil mendapatkan kuota izin sebanyak 650.000. Sehingga warga Singapura tidak bisa memiliki motor secara bebas.

Dollar and Sense mengelompokan emam biaya utama kepemilikan sepeda motor di Indonesia yakni harga sepeda motor, biaya bunga, pajak jalan, asurasnis, parkis dan bensin, dan biaya pelayanan.

Setiap motor bisa memiliki pengeluaran yang berbeda tergantung dari jenis motor dan penggunaannya. Untuk membantu perhitungan dilakukan penelitian menggunakan motor KTM RC390 yang sangat populer di Singapura.

Harga baru motor KTM RC390 di Singapura sekitar USD 24.700 (Rp 367 juta) sudah termasuk CEO. Harga KTM RC390 belum termasuk jika Anda membayarnya dengan cicilan. Pemilik motor akan dikenakan pajak jalan rasa sebesar USD 540 (Rp 8 juta) untuk kendaraan 395 cc.

Sepeda motor di Singapura wajib memiliki asuransi. Jumlah asuransi motor yang harus dibayarkan sebesar USD 4000 (Rp 59 juta). Sementara untuk biaya parkir, ESP, dan bensin sebesar USD 130 per bulan (Rp 1,9 juta).

Meski di Singapura tidak ada motor, negara ini memiliki sistem transportasi umum yang sangat luas. Orang Singapura dapat menggunakan transportasi umum sebagai pengganti transportasi pribadi. Demikian alasan kenapa di Singapura tidak ada motor yang tidak banyak orang tahu.

Sumber : otomotif.okezone.com

viewed :: 1251
Pasang banner ? hubungi : widipriono@gmail.com

Berita Terkait Lainnya :