28 Mei 2024
SHOWROOM MOTOR

Praga ZS 800 Bangkitkan Lagi Motor Legendaris



Praga, produsen motor asal Republik Ceko yang berada di bawah bendera Praga Bohema hypercar memperkenalkan motor di era modern Praga ZS 800. Kembali bangkitkan lagi motor legendaris lansiran 1928 yakni Praga BD 500.

Praga ZS 800 bobot total hanya 158 kg, ringan berkat material frame baja chrome molybdenum. Mesin 4-tak, dua silinder paralel berkapasitas 773 cc yang cukup hadirkan adrenalin di jalan raya.

Kesan klasik juga dihadirkan melalui detail Praga BD 500, dihadirkan yang saat itu melibatkan desainer dan pengagum motor, Jaroslav Frantisek Koch. Bahkan Koch sendiri yang menjajal mengendarai motor dari Roma ke Praha, menempuh jarak 1.480 km, bubuhkan waktu 35 jam, 40 menit.


Praga ZS 800 terlahir dari ide Jan Zuzi, ahli mesin yang biasa bekerja dengan mesin bertenaga 700 hp Praga Bohema hypercar. Adapun Praga ZS 800 kembali dihidupkan melalui bangkitkan kembali BD 500.

Dibantu oleh rekan kerja Radek Sebesta, Jan mengembangkan konsep tersebut, menggabungkan keahlian teknik dan dedikasi dengan kemampuan produksi dan teknologi balap Praga yang luar biasa. Maka, lahirlah Praga ZS 800, konsep ulang modern yang mempertahankan karakter dan desain leluhurnya BD 500.

Mesin 773 cc dirancang mampu hadirkan performa kuat namun tetap sajikan efisiensi dan juga hadirkan standar emisi gas buang Euro 5. Dipegang oleh dudukan lima titik di sasis, sehingga meminimalisir getaran.

Paling unik adalah pelek forged carbon dengan rem model drum hidraulik, sistem ini dipilih agar tetap mempertahankan gaya dan performa. Begitu juga dengan suspensi depan yang strukturnya gunakan mesin five-axis dan bermaterial chrome molybdenum steel. Digabungkan suspensi dari Ohlins dengan pegas titanium, menjanjikan redaman lembut dan nyaman.


Tanki mampu menampung 11,5 liter, dibalut oleh forged carbon. Diyakini distribusi bobotnya 50:50 dihitung antara ban depan dan belakang.

Titanium juga digunakan di beberapa komponen. Sedangkan baut, axle, mur yang mengikat mesin dan sasis terbuat dari material kokoh baja. Knalpot terbuat dari titanium dan bobotnya hanya 4,8 kg, dibuat melalui proses 3D print.

Harga motor yang memakan waktu produksi 300 jam ini untuk per unitnya £75.550 atau setara Rp 1,37 miliar. Pemesan sekarang, akan menerima unitnya paling cepat pertengahan tahun 2023.

Sumber : gooto.com

viewed :: 1188
Pasang banner ? hubungi : widipriono@gmail.com

Berita Terkait Lainnya :