27 Mei 2024
SHOWROOM MOBIL

Upgrade Headlamp Innova Zenix Perlu Pikirkan Faktor Safety Ini



Mau upgrade headlamp Toyota Innova Zenix ternyata perlu memikirkan faktor safety. Hasil riset yang dilakukan Krisna, bos Lumens Light, mendapatkan temuan berupa resiko kerusakan bila asal sambung kabel saat melakukan upgrading headlamp.

"Untuk Zenix tuh begini. Kalau mobil pada umumnya kita pasang lampu, nah lampu yang kita pasang itu kan bisa hi-beam bisa low-beam biasanya," buka Krisna.

Toyota Kijang Innova Zenix rakitan pabrik Karawang

"Seperti pada proyektor foglamp, mini proyektor, atau proyektor di headlamp biasanya bisa model hi-low beam. Nah hi-low beam itu kan dia langsung ke saklar beam itu kan, sedangkan di Zenix itu kita gak bisa asal sambungin kabel ke setrum (listrik) lampu jauh bawaan mobil," sambungnya lebih rinci.

Resiko paling besar bisa membuat ECU mobil rusak akibat arus listrik yang tidak terkontrol dengan baik. "Kalau misalnya dikerjain seperti itu, pas mau di-beam itu dia gak bisa. Solusinya sejauh ini sedang proses. Nah itu kalau mau berfungsi normal kita harus pakai modul khusus," terang Krisna lagi.

Tampilan depan Innova Zenix

"Sementara ini untuk modulnya sendiri sekarang masih dalam proses R&D. Udah bisa dipakai tapi masih dalam tahap penyempurnaan soal keawetannya gimana, dampaknya ke mobil seperti apa karena kan gak mungkin kita keluarin produk baru main langsung pasarin aja tanpa memikirkan efek jangka panjangnya. Khawatirnya pas pasang modul itu ECU mobil ada yang rusak," ulasnya lebih jauh.

Menurut Krisna, jaringan listrik Innova Zenix untuk upgrading lampu seperti mini projie atau headlamp projie harus dibuat jalur listrik terpisah. Jika jaringan listrik dibuat seperti itu, artinya perlu tambahan saklar untuk jalur lain yang dibuat terpisah.

Mobil baru Toyota Zenix V CVT Gasoline

"Jadi kalau kita mau bikin model hi-low beam kita harus tambah 1 saklar lagi buat hi-beam. Enggak bisa dari saklar hi-beam bawaan mobil," tegasnya menjelaskan. Untuk modul yang sedang dikembangkan ini punya beberapa fungsi penting terutama dari segi keamanan.

"Fungsi utama modul ini tuh jadi supaya lampu kita bisa terkoneksi hi-beam dengan baik. Yang kedua supaya gak ada storing arus listrik yang berlebih atau karena kita main jumper-jumper aja beda voltase bisa jadi bikin ECU-nya rusak," beber Krisna.

"Tapi kalau mau pasang LED (aksesori), alis-alis lampu itu sebetulnya gak masalah. Mau pasang DRL pun enggak ada masalah. Yang masih bermasalah tuh cuma di model hi-beam aja sih," pungkasnya menandaskan.

Sumber : www.gridoto.com

viewed :: 1554
Pasang banner ? hubungi : widipriono@gmail.com

Berita Terkait Lainnya :