26 Mei 2024
SHOWROOM MOTOR

Modifikasi Motor Listrik Vespa S Jadi Anti Bensin, Lawan Yang Asli



Keren nih, modifikasi motor listrik berbasis Vespa S jadi anti minum bensin, pede bersaing dengan Vespa Elettrica asli! Modifikasi motor listrik kali ini menampilkan sebuah motor listrik konversi dengan basis Vespa S.

Alhasil membuat Vespa S ini enggak lagi minum bensin untuk dikendarai, karena sudah digantikan dengan baterai. Mengutip Xedoisong.vn, motor listrik hasil konversi ini dikerjakan oleh Mr. Khanh, pemilik bengkel Trung Khanh Minibike di Hanoi, Vietnam.

Ia sengaja mengambil basis Vespa S 125 orisinil yang ia rombak menjadi motor listrik. Proyek motor listrik konversi dengan menggunakan basis motor Vespa matic ini sebenarnya sudah lama diimpikan Mr. Khanh.

Awalnya, ia ingin menggunakan Vespa GTS untuk jadi basis motor listrik konversi, namun ia merasa terlalu besar. Akhirnya ia memilih Vespa S 125 karena desain yang lebih kecil, tidak rumit, dan ikonik berkat headlamp kotak yang khas di Vespa S.

Mr. Khanh, owner Trung Khanh Minibike di Hanoi, Vietnam, memilih Vespa S untuk dikonversi ke listrik.

Secara tampilan, Mr. Khanh tetap mempertahankan keutuhan Vespa S tersebut. Ubahan mulai bisa terlihat jika menengok area kaki-kaki, tidak terdapat CVT penggerak dan juga knalpot seperti layaknya Vespa S bertenaga bensin.

Mr. Khanh menanamkan penggerak bertipe hub-drive dengan berkapasitas 2000W. Penggerak tersebut bahkan bisa membuat Vespa S listrik ini melaju hingga kecepatan 100 Km/jam.

Vespa S ini sudah bertenaga listrik, terlihat jelas knalpot sudah tidak ada.

Meski tidak tercatat spesifikasi baterai yang digunakan, namun klaimnya dapat menempuh jarak maksimal hingga 150 Km dalam sekali pengisian daya. Hal ini membuat motor listrik konversi Vespa S ini memiliki kemampuan yang sama dengan Vespa Elettrica.

Sekedar infomasi, Vespa Elettrica adalah motor listrik asli garapan Piaggio Vespa yang sudah beredar di beberapa wilayah, contohnya Eropa. Namun ada kelebihan Vespa S listrik ini dibanding Vespa Elettrica asli, yaitu soal jarak tempuh.

Panel instrumen Vespa S masih dipertahankan, hanya diubah fungsinya sesuai dengan penggerak listrik.

Karena Vespa Elettrica sendiri hanya memiliki jarak tempuh maksimal sekitar 100 Km saja.

Vespa Elettrica RED

Selain itu, kelebihan Vespa S listrik milik Mr. Khanh ini adalah terdapat rem cakram di kedua rodanya. Dirinya juga menambah aksesoris lain seperti front rack dan rear rack yang memang menjadi ciri khas Vespa. Nah, brother pengguna Vespa S kira-kira tertarik juga enggak nih mengubah motornya jadi motor listrik seperti Mr. Khanh asal Vietnam ini?

Sumber : www.motorplus-online.com

viewed :: 1477
Pasang banner ? hubungi : widipriono@gmail.com

Berita Terkait Lainnya :