23 September 2022
GARASI MOTOR

Pakai Teknik Melipat Kertas Origami, Stilride Hadirkan Skuter Listrik SUS1



Sebuah perusahaan start-up sepeda motor Swedia, Stilride memamerkan skuter SUS1 yang dikatakan telah meminjam teknik konstruksi dari seni melipat kertas Jepang, origami.

Seperti dilansir dari Rideapart, skuter ini ditenagai oleh unit motor listrik dengan paket baterai lithium-ion 14.8hp 6kWh, sementara baterai dapat diisi ulang saat pengereman, menggunakan pengereman regeneratif.

Tidak ada data yang dibagikan tentang torsi atau berat skuter futuristik. Yang terungkap adalah kecepatan maksimum 100kmh dan bisa dikendarai hingga jarak 120km di dalam kota.


SUS1 juga menggunakan pelek 13 inci yang dibalut ban 130/70, dan dilengkapi dengan garpu mundur yang dapat disesuaikan (USD), serta ada mode berkendara.

Menurut Stilride, SUS adalah singkatan dari Sports Utility Scooter. Desain SUS1 lebih fokus pada aspek keberlanjutan yang menjadi alasan perusahaan memilih teknik origami. Bahkan, cara tersebut juga dikatakan menghemat biaya tenaga kerja.


Stilride menggunakan bantuan teknologi robot Stilfold untuk membentuk baja menjadi bentuk yang diinginkan. Teknologi dan teknik berbasis Origami memungkinkan bobot skuter dikurangi hingga 40 persen, termasuk pengurangan 20 persen dalam biaya produksi, komponen (hingga 70 persen) dan biaya tenaga kerja (25 persen).


Sebenarnya teknik ini juga menghasilkan kekuatan sasis yang jauh lebih baik berdasarkan teknologi Stilfold, dan meningkatkan potensi daur ulang. 

Sumber : otomotif.sindonews.com

viewed :: 11342

Berita Terkait Lainnya :