17 September 2021
GARASI MOBIL

Audi Grandsphere, Kendaraan Darat Semewah Jet Pribadi



Audi resmi memperkenalkan mobil konsep terbarunya yang bernama Grandsphere. Pabrikan asal Jerman ini membawa desain interior yang mewah dan canggih layaknya pesawat jet pribadi.

Mobil konsep Grandsphere ini tentu saja tidak dirancang untuk bisa terbang ke udara. Namun untuk membuatnya punya kemewahan seperti sebuah jet pribadi sungguhan, Audi membuat desain interior yang elegan untuk membuat penumpang merasa sangat nyaman.

Dikutip dari CNBC, Grandsphere dirancang oleh Audi dengan mengusung tenaga listrik dan bisa dikendalikan secara otonom. Ketika mobil dalam kondisi self-driving, Audi merubah tampilan interior senyaman mungkin layaknya pesawat mewah seharga jutaan dolar.


Selain itu, ketika mode self-driving dihidupkan setir kemudi akan masuk ke dalam dan disimpan sampai fitur tersebut dimatikan. Hal ini untuk memberikan lebih banyak ruang bagi pengemudi dan penumpang di depan untuk bersantai.

Karena mengusung kendaraan listrik dan otonom, mobil konsep Grandsphere milik Audi ini diperkirakan baru meluncur pada tahun 2033. Audi akan berusaha mengalihkan produksi dari kendaraan mesin bensin menuju listrik terlebih dahulu mulai 2026.

Memang sampai saat ini belum ada mobil yang dijual secara umum telah mengusung otonom sepenuhnya. Semua sistem self-driving masih membutuhkan bantuan dari pengemudi selama berkendara.

Hildegard Wortmann selaku kepala penjualan dan pemasaran Audi mengatakan, mobil konsep Grandsphere diklaim dapat beroperasi secara mandiri tanpa perlu pengawasan pengemudi. Dirinya mengungkapkan jika ini merupakan langkah terobosan baru dari Audi.


"Ini adalah masa depan dari Audi. Kami berada di awal era baru mobilitas yang canggih," kata Hildegard Wortmann.

Grandsphere bukanlah mobil konsep pertama yang diusung Audi. Sebelumnya ada Skysphere yang diperkenalkan bulan lalu sebagai mobil konsep model roadster. Audi memadukan Skysphere dengan teknologi canggih, desain lebih agresif, dan fasilitas mewah.

Walaupun kedua mobil konsep Audi punya sejumlah karakteristik desain eksterior yang sama, namun Grandsphere tampak lebih elegan dan desain interior yang bersih dan mewah.

Sebagai informasi, istilah "Sphere" dalam nama mobil konsep Audi artinya melambangkan ruang interior kendaraan bagi pengemudi dan penumpang. Setelah memperkenalkan Skysphere dan Grandpshere, Audi berencana akan meluncurkan mobil konsep terbarunya yaitu Urbansphere yang dijadwalkan pada awal tahun 2022.


Sumber : oto.detik.com

viewed :: 1138

Berita Terkait Lainnya :