16 September 2021
HEADLINE MOTOR

Jangan Kaget, Ini Merek Motor Terlaris Di Eropa Tahun 2021



Penjualan sepeda motor di Eropa mengalami peningkatan di tahun ini meski pandemi COVID-19 belum sepenuhnya reda. Sampai setengah tahun berjalan sudah diketahui siapa penguasa pasar roda dua di benua biru.

Pandemi COVID-19 tak cuma membuat penjualan mobil anjlok, angka penjualan sepeda motor juga sempat turun cukup dalam. Tapi seiring dengan program vaksinasi dan pemulihan ekonomi di Eropa, tahun ini penjualan sepeda motor kembali naik.

Dikutip dari Motorcycles Data, penjualan sepeda motor di Eropa tengah mengalami peningkatan untuk semester pertama di 2021. Angkanya telah mencapai 913.410 unit. Jumlah tersebut naik dari 24,2% di tahun 2020 dan 6,5% di tahun 2019 untuk periode yang sama.

Angka ini tentu merupakan capaian positif setelah tahun lalu mengalami penurunan drastis. Namun, sejumlah negara di Eropa masih belum menunjukan adanya peningkatan penjualan sepeda motor. Seperti Swedia yang masih minus 25%, Finlandia yang minus 19%, dan Bulgaria yang minus 5%.


Motor Paling Laris di Eropa 2021
Penjualan sepeda motor di Eropa pada semester pertama 2021 ternyata malah dikuasai motor-motor Jepang, bahkan dua posisi teratas diisi oleh dua pabrikan utama negeri matahari terbit itu. Sedangkan motor-motor Eropa harus puas menempati posisi di bawahnya.

Berada di posisi pertama adalah Honda yang laku terjual sebanyak 132.905 unit (+38,9%). Lalu di tempat kedua disusul oleh Yamaha dengan penjualan sebanyak 95.293 unit (+17,2%).

Pabrikan asal Jepang masih mendominasi penjualan motor di negara Eropa. Baru di posisi ketiga dihuni oleh Piaggio yang telah terjual sebanyak 90.675 unit (+22,9%).

Namun, tidak semua pabrikan roda dua mengalami peningkatan. Salah satunya adalah Harley-Davidson yang rapornya paling jeblok setelah kehilangan sekitar 24,2% penjualannya enam bulan pertama 2021. Hal ini diakibatkan masalah pengiriman sepeda motor untuk sejumlah negara Eropa karena harus diimpor dari Amerika Serikat.

Peringkat pertama penjualan motor terbanyak ditempati oleh Prancis, lalu di urutan kedua dihuni oleh Italia.

Sementara itu, Jerman berada di urutan ketiga dan berhasil mengalami peningkatan drastis dalam penjualan sepeda motor. Tercatat, angka penjualan motor di Jerman naik 20,2%.

Pasar sepeda motor terbesar keempat di Eropa berada di Spanyol, lalu disusul oleh Inggris di posisi kelima, dan terakhir Belanda di urutan keenam. Diprediksi, penjualan sepeda motor di Eropa kembali mengalami peningkatan pada semester kedua 2021 setelah kondisi pandemi mulai sedikit membaik.

Sumber : oto.detik.com

viewed :: 1143

Berita Terkait Lainnya :