26 Juli 2021
SPORTS MOTOR

Hasil Race 2 WSBK Belanda: Kuasai Assen, Rea Terus Cetak Rekor



Jonathan Rea berhasil memenangi Race 2 putaran kelima World Superbike (WSBK) sekaligus mencatat rekor baru di Sirkuit Assen, Belanda. Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team WorldSBK) sekali lagi membuktikan dirinya masih layak difavoritkan merebut gelar juara dunia WSBK untuk kali ketujuh beruntun, tahun ini.

Hal tersebut terlihat dari torehannya ada balapan kelima WSBK 2021 yang digelar di Sirkuit Assen, Belanda, sepanjang akhir pekan ini. Rea menyapu bersih semua sesi kompetitif di Assen.

Pada Sabtu (24/7/2021), setelah menjadi yang tercepat di sesi Superpole (kualifikasi), Rea berhasil memenangi Race 1. Lalu, pada Minggu siang, Rea berhasil memenangi Superpole Race. Pada Minggu sore, Rea menyempurnakan WSBK Belada dengan menguasai Race 2.

Dengan kemenangan ini, Rea kembali mencatat rekor baru di WSBK. Ia menjadi pebalap pertama dengan kemenangan terbanyak di satu sirkuit. Sebelum WSBK Belanda, Rea sejatinya sudah menjadi pebalap dengan kemenangan terbanyak di satu sirkuit WSBK. Namun, 12 kemenangan di Assen dipegangnya bersama Carl Fogarty.

Saat memenangi Race 1, Rea sudah membuat rekor baru di WSBK dengan menjadi satu-satunya pebalap yang mampu memenangi balapan hingga 13 kali di satu trek. Kini, rekor tersebut dipertajamnya sendiri menjadi 15 usai menguasai Superpole Race dan Race 2. 

Tiga kemenangan race di Assen juga membuat Rea semakin kokoh di puncak daftar pebalap terbanyak dengan podium utama terbanyak sepanjang sejarah. Hasil di WSBK Belanda membuatnya kini mengoleksi 107 kemenangan WSBK sejak turun mulai 2008.

Scott Redding (Aruba.it Racing – Ducati) dan Andrea Locatelli (Pata Yamaha with Brixx WorldSBK) berhasil finis di podium kedua dan ketiga pada Race 2 WSBK Belanda. Bagi Locatelli yang menjalani musim perdana di WSBK, ini podium pertamanya tahun ini.

Jonathan Rea yang start dari pole position langsung melesat. Tetapi saat akan memasuki menjelang Tikungan 1, Toprak Razgatlıoglu (Pata Yamaha with Brixx WorldSBK), Michael Ruben Rinaldi (Aruba.it Racing – Ducati), dan Garrett Gerloff (GRT Yamaha WorldSBK Team) merangsek.

Senggolan pun tidak bisa dihindari. Gerloff yang masuk dari sisi dalam menyenggol Razgatlıoglu hingga terjatuh. Akibatnya, baik Razgatlioglu maupun Gerloff tidak mampu melanjutkan balapan.

Rekan setim Razgatliogu, Andrea Locatelli, mampu memimpin lomba cukup lama. Pada lap kelima, ia unggul 0,765 detik atas Rea di posisi kedua dan 1,836 detik dari Scott Redding (Aruba.it Racing – Ducati) di P3.

Tetapi Rea yang terus menekan dari posisi kedua akhirnya berhasil melewati juara dunia Supersport (WSSP) 2020 itu pada lap 10. Locatelli terus berusaha menempel Rea. Tetapi, Redding di posisi ketiga juga menekan pebalap Italia tersebut.

Duel sengit juga sempat terjadi untuk memperebutkan posisi kelima antara Alvaro Bautista (Team HRC Honda) dan Rinaldi. Pada lap 15, Bautista berhasil mengambil Rinaldi dari sisi dalam sebuah tikungan untuk merebut P5. Sementara, Alex Lowes (Kawasaki) membayangi di P7.

Kurang dari lima lap sebelum lomba berdurasi 21 lap (95,382 km) tersebut selesai, Redding berhasil melibas Locatelli untuk finis di P2. Jonathan Rea akhirnya mampu memenangi Race 2 WSBK Belanda dan mencatat waktu lap tercepat lomba dengan 1 menit 34,689 detik.

Pebalap Irlandia Utara itu unggul 1,605 detik atas Scott Redding di P2 dan 3,431 detik atas Andrea Locatelli di peringkat ketiga.

Dengan hasil sempurna di WSBK Belanda, Jonathan Rea kembali mengambil alih pimpinan klasemen dari tangan Toprak Razgatlioglu. Rea kini mengoleksi 243 poin atau unggul hingga 37 angka atas Razgatlioglu. Adapun Scott Redding berada di P3 dengan 164 poin.

Hasil Race 2 WSBK Belanda :

Sumber : id.motorsport.com

viewed :: 1133

Berita Terkait Lainnya :