20 Juli 2021
SPORTS MOBIL

Hasil WEC Monza 6 Hours: Toyota Bekuk Alpine, JOTA Amankan P5



#7 Toyota Gazoo Racing berhasil mengonversi pole position menjadi kemenangan pada kelas Hypercar di WEC Monza 6 Hours. Sementara lima besar kategori LMP2 diklaim #28 JOTA Sport usai comeback dari start belakang.

Kamui Kobayashi sempat dilanda problem ketika Toyota GR010-Hybrid yang dikemudikannya berhenti di lurusan dalam dua jam pertama, Minggu (18/7/2021). Situasi itu dimanfaatkan dengan baik oleh Roman Dumas (#709 Glickenhouse 007 LMH) untuk mengambil alih pimpinan lomba.

Walau kemudian berhasil menyalakan mesin mobil Toyota miliknya serta melanjutkan balapan, Kobayashi terpaut jauh hingga 40 detik di belakang #709 Glickenhouse 007 LMH.

Usai insiden itu, terjadi drama pecah ban yang dialami #33 Aston Martin Vantage AMR dari kelas GTE Am. Marshal bergegas membersihkan trek yang dipenuhi puing, sedangkan Safety Car diturunkan untuk memandu jalannya balapan.

Perebutan podium tertinggi lalu mengerucut antara #7 Toyota Gazoo Racing yang dikemudikan Conway dalam stint terakhirnya menuju garis finis. Sebaliknya Full Course Yellow di akhir lomba menggalkan peluang kemenangan Alpine.

Pit stop terakhir yang dilakukan Conway sempat memicu penyelidikan terhadap #7 Toyota Gazoo Racing. Namun, tidak ada hukuman yang dijatuhkan. Kemenangan di Monza ini merupakan yang pertama bagi tim pada musim 2021.

Matthieu Vaxiviere, Nicolas Lapierre dan Andre Negrao di bawah bendera mobil #36 Alpine harus puas finis kedua. Pun begitu, raihan ini merupakan hasil terbaik sejak naik ke kelas Hypercar.

#709 Glickenhaus yang dikemudikan Dumas, Westbrook dan Franck Mailleux mengklaim posisi ketiga untuk kategori Hypercar dan keempat secara keseluruhan, setelah kehilangan sejumlah lap di pit karena penggantian rem.

Pada kelas LMP2, #22 United Autosports yang diperkuat Philip Hanson, Fabio Scherer dan Filipe Albuquerque keluar sebagai pemenang, sekaligus urutan ketiga secara keseluruhan.

Setelah insiden kecelakaan saat kualifikasi, juga ditambah penalti ketika berlomba, trio #28 JOTA Sport yang digawangi Sean Gelael, Stoffel Vandoorne, serta Tom Blomqvist bangkit untuk mengklaim finis kelima kategori LMP2, atau kedelapan dalam keseluruhan.

Sean Gelael bersama dua rekan setimnya menampilkan performa baik sepanjang balapan. Blomqvist, jelang dua jam terakhir, sempat bertarung ketat melawan #20 High Class Racing yang saat itu dikemudikan Dennis Anderson, untuk perebutan posisi keenam.

Pada kategori GTE Pro, Kevin Estre dan Neel Jani mempersembahkan kemenangan kedua bagi #92 Porsche, sekaligus memupus asa Ferrari yang ingin mencetak kemenangan kandang di Monza.

Sempat kehilangan status pimpinan lomba, ketika Jani disalip oleh James Calado di #51 AF Corse Ferrari 488 GTE Evo di exit chicane pertama. Tetapi pit stop yang lebih cepat memungkinkannya kembali ke depan, dan kemudian melaju untuk kemenangan yang nyaman.

Berikutnya kejuaraan WEC bakal menggelar balap ketahanan bergengsi, Le Mans 24 Hours pada 21-22 Agustus bulan depan.

Hasil WEC Monza 6 Hours :

Sumber : id.motorsport.com

viewed :: 161

Berita Terkait Lainnya :