29 November 2023
SHOWROOM MOBIL

Kendalikan Mobil Pake HP, Honda Jazz Ini Jadi Raja di Jazz Tuning Contest 2013



Putu Purna Aditya Putra coba mengubah mindset modifikasi mobil ekstrem. Bermodalkan Honda Jazz lansiran 2011 yang dirombak tidak hanya tampang, tapi juga teknologi kelas atas yang unik dan inovatif.

Ekterior sudah dirombak dengan full body kit, di antaranya pintu gunting elektrik dengan menggunakan serat karbon, termasuk bagian tertentu di sekujur bodi. Trus, pengemudi dan penumpang depan bisa menikmati panorama setelah diubah dengan sunroof webasto XL.

Uniknya, lampu utama telah disulap menjadi monitor 3,5 inci. Sebagai gantinya, lampu utama digeser mendekati gril dengan ukuran lebih kecil,  namun tetap optimal memancarkan cahaya untuk penerangan malam.

Selain pintu, kap mesin standar diganti dengan serat karbon dengan desain terdapat asupan udara. Membuka kap mesin pun dibalik (dari belakang) dengan bantuan hidrolik yang bisa diatur secara elektrik.

"Kami mengandalkan software Android untuk mengoperasikan semua bagian mobil, seperti pintu, atap, kap mesin, dan air suspension. Bahkan untuk menghidupkan dan mematikan mesin cukup menggunakan handphone," ujar Putu sesaat setelah menerima penghargaan King of Jazz Tuning Contest 9.

Interior Futuristik
Suguhan entertainment pastinya ditawarkan Putu di dalam kabin Honda Jazz miliknya. Sampai-sampai dirinya harus menggusur jok belakang agar dapat mengisinya dengan audio system, termasuk tatanan speaker dan monitor pengendalinya.

Karbon juga menjadi bahan dasar interior, terutama pada bagian dashboard yang dilengkapi komputer untuk mengatur audio mobil. Pada pintu belakang tepatnya door trim, Anda bisa melihat layar monitor 3,5 inci yang dikelilingi oleh lampu LED.

"Modifikasi interior terbilang cukup rumit, dimana semua pengaplikasian harus benar-benar terpasang dengan baik dan benar. Seperti pemasangan monitor, audio, sertakabel-kabel," tambah Putu.

Akhirnya terbayar sudah, setelah menunggu sampai sekitar 11 bulan, dan menghabiskan biaya modifikasi sampai Rp 750 jutaan, Honda Jazz berlabur kuning milik Putu berhasil meraih gelar King of Jazz Tuning Contest 9 2013.     .............. (w33)


viewed :: 15113
Pasang banner ? hubungi : widipriono@gmail.com

Berita Terkait Lainnya :