27 Juli 2021
SHOWROOM MOTOR

Byson Berbadan Ducati



Dunia modifikasi tak ubahnya dunia fashion. Yang selalu mengedepankan tampilan atau style. Bahkan terkadang ada pula hasil racikannya tersebut yang berubah wujud, alias ber-metamorfosis.

Berbicara soal modifikasi, banyak kalangan bikers atau modifikator yang menghabiskan kocek hingga puluhan juta rupiah. Tapi semua itu demi kepuasan dan kebanggaan tersendiri bagi pemilik motor.

Bermodal Yamaha Byson keluaran 2011, Deden merubah tunggangannya jadi tambah bengis. "Ide memang dari saya sendiri yang ciptakan," cetusnya. Dari tampangnya yang berbalut warna kuning, Deden meninggalkan beberapa part asli bawaan pabrik.

Mulai dari mesin yang hanya berkapasitas 150cc di-bore up jadi 235cc. Alasannya agar menunjang performa saat menjalani hobi-nya yaitu touring. Makanya kapasitas mesin juga harus mumpuni untuk melibas berbagai medan.

Untuk menggendong mesin, Deden yang juga aktif di Byonic Jogja ini menggunakan shock up site down merek Ohlin. "Kalau shock belakang adalah hasil modifikasi Triple S, salah satu bengkel di Jogja."

Untuk mengoptimalkan performa mesin, rumah modifikasi RJM Jogja jadi referensi Deden.

Dari tampangnya yang kekar, tampak tangki milik Ducati Panigale terpasang dengan rapi. Sedangkan spakbor belakang mengaplikasi Minerva 150. "Lama-lama pasti ada yang niru nih," tambah Deden.

Sebagai tambahan pernak-perniknya, spion Ninja ia kawinkan ke setang. Selang rem depan dan belakang menggunakan Kitaco. Karena serinya touring, 3 bok ukuran besar juga menambah tampilan Byson tersebut jadi tambah bongsor.

"Biaya saya habis sekitar Rp. 30 juta. Waktu pengerjaannya kurang lebih 3 bulan," pungkasnya.

Data modifikasi:
Velg belakang 5 inci
Velg depan 3,5 inci double disk
Ban belakang Battlax 160/60/17
Ban belakang Battlax 120/60/17
Strobo sirine 150 watt
Karburator TM 32 Mikuni Suko
Box atas Shad 48
Box samping Givi e21
Ampere dan RPM TDH
Handle Kitaco
Lampu depan Luxeon Strobo
Knalpot NGP Racing.     [w33]

viewed :: 13848

Berita Terkait Lainnya :