26 Mei 2023
SHOWROOM MOBIL

Modifikasi Kaiser-Jeep M-715 1968 Twoinone



Sosok M715 merupakan salah satu icon perang Vietnam. Secara historis, kendaraan lansiran Kaiser Jeep ini bukan merupakan kendaraan yang sukses di medan laga. Namun demikian, sosoknya yang cukup gagah ini menarik perhatian para penggemar kendaraan militer, termasuk juga sosok pria yang tidak mau disebut namanya ini. "Secara pribadi saya suka desain M715, di mata saya cukup gagah dan unik. Salah satu bagian paling seksi adalah kaca jendela pintunya yang tidak dilengkapi dengan frame," lanjutnya.

Beberapa waktu silam, seonggok M715 dalam kondisi mengenaskan, nyaris terbungkus tanaman, mengusik perhatiannya. Kendaraan yang pernah berdinas di salah satu kesatuan di Jawa Barat ini pun lantas diboyong pulang. Semula ia berencana melakukan restorasi total dan mengembalikan jip ini pada kondisi semula. Namun niat tersebut diurungkan, karena ia ingin memiliki kendaraan yang nyaman digunakan untuk harian.

Berdasarkan beberapa masukan serta pencarian, tiba pada kesimpulan bahwa Land Cruiser 80 Series merupakan sosok sempurna untuk donor. Ia tidak harus menunggu lama untuk membeli, ketika ditawari sebuah haft cut Land Cruiser 80 bertransmisi matik.

Sasis bawaan asli M715 ternyata digerogoti karat pada bagian depan. Diperkirakan hal ini disebabkan oleh jilatan api las. Pria ramah ini pun kemudian mengambil keputusan yang cukup ektrem dengan menggabungkan sasis M715 dan sasis TLC 80 Series. Sasis bagian depan M715 kemudian dipotong dan disambung dengan sasis 80 Series half-cut. Suatu kebetulan, antara sasis M715 dan 80 Series memiliki dimensi yang hampir sama, sehingga penyambungannya pun tidak terlampau sulit.

Perihal sasis ini pun kemudian melebar pada penggantian kaki-kaki. Gardan besar dan berat milik M715 ditanggalkan, berikut suspensi per daunnya. Gardan dan suspensi bawaan 80 Series kemudian mengambil alih posisi. Dengan demikian, karakter suspensi baru pun terbentuk, dan di atas kertas jauh lebih nyaman dibandingkan bawaan asli M715.

Walau boleh dikatakan sebagian besar dari jip ini kini merupakan Land Cruiser, namun ciri M715 yang paling kentara. Dalam hal ini, rekan kita tidak mendapatkan M-715 belaka, namun juga mendapatkan sebuah jip yang nyaman dikendarai.

Spesifikasi :
Sasis                  : customized M-715
Bodi                    : customized M-715
Atap                   : customized tin roof
Mesin                 : Toyota 1-HDT 6 silinder inline 4.2 liter 12 valve SOHC turbo diesel
Transmisi           : 4 speed otomatis OEM Land Cruiser 80 series
Transfercase     : 2 speed part-time  OEM Land Cruiser 80 Series
Gardan              : solid axle depan / belakang OEM Land Cruiser 80 Series
Per                    : Old man Emu
Winch               : Warn Zeon 8
Ban                   : Maxxis Creepy Crawler  36 x 12.50 x 16
Pelek                : American Racing 7x16
Bengkel            : PT Jala Berikat Nusantara Perkasa (PT Jala) 

viewed :: 13390
Pasang banner ? hubungi : widipriono@gmail.com

Berita Terkait Lainnya :