27 Juli 2021
SHOWROOM MOTOR

Scorpio Scrambler Style Belasan Juta Rupiah



Menjamurnya tren modifikasi ala scrambler diikuti oleh para modifkator lokal. Sejatinya modifikasi scrambler lahir dari street bike yang dimodifikasi untuk dapat melintas ke berbagai medan. Bila melihat dari fungsi tak berbeda jauh dengan dirt bike.

Banyak konsep dari scrambler yang bisa diaplikasi. Semuanya juga tergantung selera dari modifikator dan pemilik motor. Salah satu tukang modif yang sedang kencang menangani jenis modifikasi ini adalah Hantu Laut, yang markasnya ada di H Nawi, Jakarta Selatan.

"Trennya sekarang sedang di scrambler dan tracker. Orang sering kesini minta modifikasi ini," ucap Donny.

Salah satu buah karya modifikasi scrambler yang baru digarapnya adalah Yamaha Scorpio 2006 asal Bandung. Konsep dan tampilannya diambil mengikuti basic ala scambler klasik.

Tampilan fisiknya lebih minimalis serta model papan nomer pada samping kiri-kanan yang juga berfungsi untuk menutupi kabel serta aki. Selain itu ciri khas lainya juga diperkuat dengan knalpot Custom yang melintang di bagian sisi kanan bodi.

"Untuk pengerjaan semuanya serba custom alias bikin sendiri. Mulai dari tangki, jok, spatbor, dan rangka. Kalau untuk variasi baru ditambahkan komponen aftermarket lain," ucap modifikator yang akrab disebut Batax.

Secara keseluruhan modifikasinya ini digarap dalam waktu hampir satu bulan. Sedangkan pengerjaan paling lama ada saat merakit beberapa part yang dibuat secara handmade, serta detail finishing. Tangki dan jok yang dibuatnya mengikuti konsep scrambler, karena jaraknya harus persisi. Selain itu spatbor belakang juga dibentuk mengikuti jok single seater.

Beberapa perlengkapan penunjang dilakukan memanfaatkan produk aftermarket. Seperti lampu set aftermarket dari Thailand, mulai sein depan-belakang, lampu depan, dan stoplamp. Sok depan depan mengadopsi milik Yamaha Byson yang lebih kekar, sedangkan untuk belakang diimbangi dengan peredam kejut keluaran YSS. Begitu juga dengan setang dan spidometer ala dirt bike yang biasa digunakan pada modifikasi scrambler.

Masuk ke kaki-kaki. Ciri dari scrambler sendiri memiliki tekstur ban kasar dengan dimensi besar. Karena itu pelek berdimensi 2.50/18 dilekatkan pada bagian depan bersama dengan ban keluaran Swallow 120/90 18 inci. Untuk bagian belakangnya, menggunakan pelek lebih besar, 3.50/18 dengan ban Swallow 130/80 18 inci.

Untuk membuat Yamaha Scorpio scrambler style ini kurang lebih menghabiskan dana Rp 18 juta. Tapi harga ini sudah termasuk dengan motornya.

"Total keseluruhan Rp 18 juta. Ini sudah termasuk dengan harga motornya, karena kita beli motor bekas untuk membangunnya," ucap Batax.  [w33]

viewed :: 12413

Berita Terkait Lainnya :