15 November 2017
SHOWROOM MOTOR

Yamaha Scorpio Disulap Menjadi Klasik


"Motor itu mau saya berikan kepada putra saya," buka Arfan Radian Wibowo, sambil mengarahkan jari telunjuknya ke sebuah Yamaha Scorpio 225 lansiran 2007.

Lho, masa hadiah buat anak motor bekas, tapi saat melihat motor tersebut, ternyata Yamaha Scorpio tersebut sudah dicustom. Tidak tanggung-tanggung, Studio Motor Custom Bike dipercaya menggarapnya.

Dalam perbincangannya kepada Dapurpacu.com, ternyata pria yang akrab disapa Arfan ini memiliki hobi di dunia otomotif. Arfan menuturkan, dia tidak hanya mengkoleksi motor-motor besar dan klasik, tapi juga mobil klasik.

"Motor ini nantinya akan saya berikan untuk putra saya, yang saat ini masih duduk di kelas XI Sekolah Menengah Atas (SMA), tujuan saya, supaya putra saya nantinya bisa menghargai dan merasa memiliki sebuah karya anak bangsa," cetus Arfan.

Untuk bisa menghasilkan motor custom yang kini dijuluki The Smokey ini, Arfan menyerahkan semua proses pengerjaan kepada sang punggawa Studio Motor, yakni Donny Ariyanto.

Menurut Donny, untuk bisa menghasilkan sebuah konsep yang diinginkan oleh Arfan tidaklah sulit, sebab, karakter yang dimiliki oleh Yamaha Scorpio sudah sangat mumpuni dan mudah untuk dicustom. Selain itu memiliki rangka dan chassis yang mudah dirombak dengan berbagai macam konsep.

Guna memberikan kesan old school, Donny dan pasukan Studio Motor mencopot sok depan bawaan dan mengganti dengan milik Yamaha Byson model teleskopik berukuran 41mm.  Roda depan andalkan velg TK Japan 18X2.50 inch dan ban Firestone Deluxe Champion 4.00-18.

Bagian buritan, lengan ayun kustom dibentuk dari pipa seamless 1.25 inci dengan ketebalan 3.5 mm, sekaligus merubah suspensi belakang yang awalnya monoshock menjadi dual shock. Lingkar roda belakang dipilih velg TK Japan 18X3.00 inch yang bersanding dengan ban Firestone Deluxe Champion 4.50X18.

Bagian bodinya, Arfan ingin wadah penampung bahan bakar dibuat sedikit rounded/membulat dengan konsep minimalis dan dipermanis dengan adanya garis tegas di bagian samping.

Untuk mewujudkan keinginan Arfan, Donny memilih material plat galvanil 1.2 mm yang memang cukup mumpuni untuk menjadi bahan dasar pembuatan bodi, termasuk juga untuk bagian spatboard depan dan belakang serta bagian cover penutup aki/baterai motor.

Kelar proses pengecatan dipercayakan kepada Komet Studio melabur seluruh bagian dengan perpaduan warna hitam dan juga doff di sisi tangki, dipermanis dengan desain bendera start di bagian atas dan decal Oldskool di samping tangki.

Stang kemudi dipilih model fatbar keluaran Scarlet untuk memberikan kenyamanan saat motor diajak riding. Lampu depan dan belakang serta lampu sen juga dipasang dengan menyesuaikan bentukan akhir motor. Knalpot kustom dengan tampilan klasik berkontribusi mengeluarkan suara yang cukup menggelegar. [w33]

Data Modifikasi :
Body : Custom by STUDIO MOTOR
Painting & Airbrush : by KOMET Studio
Shock Depan:  Teleskopik 41 mm
Velg:  TK Japan 18X2.50 & 18X3.00 Inch
Ban : Firestone Deluxe Champion 4.00-18 & 4.50-18
Handle Bar:  Scarlet
Lampu Depan & Belakang : Aftermarket
Shock Belakang: YSS Z-Series
Exhaust : Custom by STUDIO MOTOR
Jl. Gapura Menteng Asri No.4 Sektor 5 - Bintaro Jaya, South Tangerang, Indonesia.

viewed :: 12510
Berita Terkait Lainnya :