22 September 2017
TIPS MOBIL

Cara Mudah Mengatasi Selang Radiator Bocor Di Perjalanan


Jika Anda saat ini tengah berlibur dengan mengendarai mobil sebaiknya mewaspadai berbagai 
kemungkinan masalah yang bisa terjadi pada kendaraan Anda. Salah satu masalah yang kerpa muncul terutama mobil yang telah berusia 5 tahun atau lebih adalah selang radiator bocor.

Menurut Adi Sasongko, Service Advisor Klinik Auto Baru, Pondok Aren, Tangerang Selatan, selang radiator mobil di atas lima tahun memang rawan bocor. Maklum, semburan hawa panas dari mesin menjadikan karet melar.

Karet rawan getas jika semburan air dari alat steam saat mencuci mobil juga menyelinap masuk ke bawah kap mobil. Walhasil selang pun mudah getas, dan bocor.

"Oleh karena itu, menyiapkan berbagai peralatan dan perlengkapan pendukung untuk mengantisipasi masalah itu muncul, maka persoalan bisa dengan cepat diatasi," kata Adi.

Adi menyarankan agar sebelum melakukan perjalanan jauh menyiapkan ban dalam bekas, lem plastik, lem Aibon, sealer, obeng minus, obeng plus, gunting, ember, dan sabun colek.

Jika selang bocor dengan indikasi air radiator berkurang dan indikator temperatur meninggi maka segera bawa mobil ke tepi jalan. Kemudian buka kap mobil dan biarkan mesin hingga dingin.

Cuci selang radiator dengan sabun dan kemudian lap hingga benar-benar bersih, oleskan lem 
plastik ke permukaan selang yang bocor secukupnya. Setelah itu gunting ban dalam bekas sesuai dengan kebutuhan untuk menambal bagian selanmg yang robek atau bocor dan lekatkan.

Periksa apakah lembaran ban itu benar-benar telah merekat dengan kuat. Agar lebih pasti, ikat tambalan itu dengan karet, tetapi jangan menekannya terlalu kuat agar tak menimbulkan kencoran di tempat lain. Ingat karet selang sudah rentan robek.

Setelah selesai, pasangkan kembali selang radiator ke tempat semula. Agar tak terjadi rembesan di bagian ujungnya, sebaiknyab olesi dengan sealer atau lem Aibon. Setelah itu Anda bisa mengisi kembali radiator dengan air coolant.

viewed :: 11337
Berita Terkait Lainnya :