08 April 2020
TIPS MOTOR

Cara Memperbaiki Indikator Bensin Yang Rusak Pada Motor


Tips Mengatasi Kerusakan Indikator Bensin. Seperti yang kita ketahui speedometer pada sepeda motor biasanya menampilkan berbagai informasi mengenai berbagai hal termasuk kecepatan dan juga indikator bensin. Tetapi adakalanya indikator tersebut mengalami kerusakan tanpa ada sebab padahal sebelumnya motor tidak mengalami benturan.

Namun tenang saja karena cara mengatasi permasalahan tersebut tidaklah sulit dan bisa anda 
lakukan sendiri di rumah. Biasanya kerusakan indikator tersebut disebabkan oleh pelampung yang didukung resistor di dalam tangki telah aus atau sudah tidak berfungsi lagi. Pelampung tersebut berfungsi untuk memberikan informasi kondisi tangki yang kemudian dihubungkan ke indikator baik berupa panel digital maupun maupun analog.

Penyebab lainnya yaitu karena resistor itu sendiri telah aus atau terdapat kotoran di dalam 
tangki bahan bakar tersebut, untuk mengatasinya silahkan buka resistor yang terdapat di dalam tangki lalu lepas plat penunjang unit resistor. Setelah itu bersihkan komponen ini dengan cara 
memberikan cairan pembersih karatan dan jangan lupa lap menggunakan kain bersih..

Jika sudah tes kembali apakah pelampung masih berfungsi dengan cara gerakkan ke atas yang 
menunjukkan bahan bakar terisi penuh. Jika digerakkan kebawah berarti tangki kosong. Sebenarnya penyebab resistor menjadi kotor dan berkarat adalah karena terlalu sering mengisi tangki bahan bakar menggunakan bensin eceran. Hal itu disebabkan para pengecer memakai jerigen dan juga botol yang jarang sekali dibersihkan.

viewed :: 14507
Berita Terkait Lainnya :