18 Oktober 2020
SHOWROOM MOBIL

Modifikasi Suzuki Vitara 1995 - Cantik-Cantik Beringas


Menarik perhatian, itu yang kita rasakan saat melihat sosok yang cantik. Mau itu dalam hal pasangan lawan jenis, pemandangan, atau barang. Ini hal yang yang pertama kali saya rasakan saat melihat Suzuki Vitara milik Mohammad Suhendra alias Hendra.

Bodi Vitara yang didominasi warna putih ini berdiri menawan, pada pandangan pertama. Walaupun sudah penampilan off-road, sosoknya tetap manis dilihat. Perangkat off-road yang sangar, berpadu serasi dengan tampilan bodi yang masih seperti asli.

Tapi jangan salah, di balik tampilan cantiknya ini, tunggangan Hendra sudah dibekali senjata yang siap menggempur trek off-road. "Saya kepingin ikut off-road adventure atau ekspedisi di trek yang ekstrem, jadi kendaraan harus sesiap mungkin," terangnya.

Pilihannya pada Suzuki Vitara, karena cukup lama Hendra mengenal kendaraan ini. "Dimensinya pas, tidak kebesaran tapi enggak kecil. Juga bobotnya yang ringan sangat ideal buat off-road," terang Hendra. "Tadinya saya suka, karena nyaman buat ajak jalan keluarga," tambahnya.

"Tapi sayang, Vitara memang tidak setangguh Toyota," celetuk Hendra. Makanya untuk off-road ekstrem, Hendra memilih untuk mengkombinasi dua produk ini.

Untuk itu, 'otot' pun mulai diperkuat. Sumber tenaga juga memilih mesin Toyota 1KZ. "Kalau beban sudah berat seperti ini, sepertinya harus cari mesin dengan torsi lebih besar," ucapnya.

Off-road ekspedisi kerap membawa beban berat. Agar beban as roda dapat lebih ditangani, Hendra pun menggunakan gardan Toyota Prado. "Karena tidak kelebaran buat Vitara," jelasnya. Itu pun as roda masih di up-grade menggunakan bahan chromoly.

Suspensi menggunakan four link-arm dengan pillow ball dari Trail Tough, karena mengincar travel suspensi lebih panjang. Hendra juga menggunakan shockbreaker coil-over, dengan panjang shockbreaker 12" dan 10". Jadi siap saat harus ketemu obstacle batu.

Memang, ini bukan pertama kalinya Vitara 'dipercantik' oleh Hendra. Sebelumnya dibuat dengan beberapa konsep berbeda. "Pastinya dengan tampilan off-road, tapi masih mempertahankan orisinalnya," jelasnya.

Agar dapat hasil yang lebih memuaskan. Hendra mempercayai pembangungan ini pada bengkel Innotech yang memang terkenal dengan fabrikasi custom yang apik. "Kebetulan pemiliknya sudah tau dengan selera saya," ucapnya.

Interior dibuat sangar, sosok asli kendaraan ini sudah sama sekali tak tampak. Dashboard Vitara sudah dipensiunkan, didesain ulang dengan custom aluminium. Begitu juga dengan dek dan doortrim, semua sudah dilapisi aluminium, agar tampilan senada.

Demi hasil memuaskan, Hendra tidak terlalu masalah dengan waktu proses 'pembangunan'. "Saya sangat menikmati saat membangun kendaraan," ucapnya. Baginya, ini suatu hobi tersendiri selain off-road. Malahan, begitu tunggangannya kelar 'dibangun', dia malah jadi kehilangan salah satu hobinya.

"Saya paling suka berburu barang di internet, salah satunya pasti part off-road dan barang unik buat kendaraan saya," ucap Hendra. Hampir keseluruhan pernak-pernik yang menempel, dipesan langsung dari beberapa negara tetangga.

Memang, kalau kita melihat lebih dekat, beberapa merek dan barang yang menempel menarik perhatian. Seperti melihat sosok wanita cantik, dengan berbagai aksesori kecantikannya.

Walau sudah merogoh kocek cukup dalam, namun Hendra puas melihat hasilnya, dan sesuai dengan apa yang diinginkan. Punya kendaraan yang tetap cantik, namun buas untuk trek off-road. "Tidak kecewa sama sekali, saya merasa tidak mengeluarkan uang banyak," tutupnya. [w33]

viewed :: 14375

Berita Terkait Lainnya :