13 September 2017
TIPS MOTOR

Jok Diubah Biar Nyaman


Walau sudah dibuat sesuai kebutuhan dan diklaim nyaman oleh pabrikan, faktanya ada saja yang kurang puas dengan jok bawaan motor. Berbagai keluhan yang sering didengar mengenai jok itu seperti busa keras, bikin bokong panas, joknya licin, kurang empuk dan jok ketinggian.

Kalo sudah begitu rasanya gak betah duduk di atas motor lama-lama, gak nyaman sih. Tenang bro, sudah ada solusinya kok biar jok nyaman, tapi harus mengubah beberapa bagian sesuai keluhan.

Pertama, kalau bokong panas itu karena busa tipis atau keras. Tambah busa jadi solusi, tapi ada juga beberapa motor yang gak bisa tambah busa karena fiber (rangka jok) nongol seperti punya Honda BeAT Fi dan Vario 125.

"Kalo ini harus bobok fiber-nya dan diganti pelat supaya rata, baru tambah busa biar tebal,"
terang Rahmat Subejo, owner bengkel spesialis jok Amet Seat Modification. Tapi minusnya bagasi jadi gak muat helm. Oh iya, pakai jaring jok juga membantu biar bokong gak panas loh.

Jok licin? Solusinya ganti kulit jok dengan bahan yang kesat dan ada alurnya. "Biar pas ngerem
gak merosot," kata Amet, sapaannya. Lalu jok ketinggian seperti yang banyak dikeluhkan
pengendara wanita. Kalo ini harus papas jok atau bobok fiber-nya dan diganti pelat.

Nah terakhir, bisa meng-custom sendiri jok motor dengan dibuatkan sandaran punggung yang kecil.

"Lumayan bikin nyaman tapi cuma bisa dijok yang besar seperti punya Honda PCX, Scoopy, Vario 125 dan Yamaha Fino," papar pria yang bermarkas di Pasar Rebo, Jaktim.

viewed :: 11487
Berita Terkait Lainnya :