12 Juli 2019
SHOWROOM MOTOR

Pesona CB550 Cafe Racer Bernama Anna


Sebuah sepeda motor yang dibangun khusus sehingga memiliki pesona tersendiri pasti memiliki kisah menarik dibaliknya. Seperti yang terjadi pada Honda CB550 Cafe Racer milik Chris Boot asal Vancouver, British Columbia.

Hingga usianya yang ke 28 tahun, Chris  sama sekali belum pernah menunggangi sepeda motor. "Mereka sangat berbahaya," tukasnya. Sampai akhirnya pria berusia 33 tahun ini pergi ke Speed Week di Bonneville bersama teman-temannya. Kendati baru pertama kali membesut motor, namun sang teman berbaik hati meminjamkan CB Cafe Racer. Tanpa helm, sepatu atau bahkan sarung tangan, pria ini menyusuri pinggiran sirkuit. Dan kisah setelahnya bisa ditebak, Chris pun jatuh hati.

"Saat saya membeli Anna, sebelumnya dia merupakan Honda CB500 standar yang kerap dipacu setiap hari, lengkap dengan setang clubman. Awalnya saya hanya akan memperbaiki tangki, lalu kemudian berpikir untuk melaburinya dengan warna yang berbeda. Dan yang terlintas selanjutnya adalah mengganti jok dengan bump seat," jelas Chris.

Dan sejak saat itu dimulailah kisah cintanya dengan Anna. Diawali dengan berburu foto dan rajin membaca sohc4.net, kitab suci untuk pemilik Honda empat silinder produksi 1969 sampai 1982. Setelah memasang sistem suspensi dengan cartridge emulator dan peredam kejut Works, Chris mencangkokkan cakram rem kembar di depan, tangki bensin alloy ala Rickman Commando, hingga lingkar karet Avon. Sayangnya, jantung Anna hanya bertahan setengah tahun sebelum rusak. Dan Chris pun memasang jantung baru berkapasitas 550 cc yang dibengkakkan hingga 592 cc dan disandingkan dengan piston Dynoman 10.5:1 serta melakukan port and polished pada headnya.

"Pada tahap tersebut saya sangat gandrung pada motor balap GP klasik, khususnya bagian fairing. Tak heran jika kemudian saya berburu fairing milik MV Agusta dari pria asal Belanda. Proses pemasangannya pun butuh perjuangan, lebih dari 20 jam. Sementara skema warnanya terinspirasi dari perpaduan antara kelir Yamaha klasik dan warna Suzuki MotoGP milik tim Rizla," tutupnya.     ..... (w33)

viewed :: 16401
Berita Terkait Lainnya :