16 Mei 2018
TIPS MOTOR

Waspada! Skutik Nyelonong Cuma Gara-Gara Baut Filter


Tips ini tidak salah tulis dan sudah diwanti-wanti sejumlah mekanik. Baut filter bisa bikin skutik nyelonong gara-gara faktor keausannya.

Baut filter yang dimaksud terpasang di rumah filter skutik. Posisinya kira-kira sama di hampir semua merek dan model skutik, yakni di bawah jok belakang.

Dengan entakan yang besar karena mesin skutik memiliki tarikan yang panjang, tak ayal kondisi itu membuat rumah tersebut menggoyang-goyangkan mur sampai pada kondisi aus. Alhasil, ulir di dalam rumah filter termakan dan pegangan dengan mur menjadi longgar.

Baut rumah filter juga bisa longgar karena kerap terjadi bongkar pasang, seperti saat servis dan sejenisnya.

Jika sudah longgar, maka kotoran akan masuk melalui sela-sela rumah filter dan lanjut ke karburator. Kondisi ini lama-lama bisa berpengaruh pada lempengan kupu-kupu tempat masuknya udara yang kemudian bertemu dengan bahan bakar dalam proses pembakaran.

"Kalau udah kena butterfly (kupu-kupu) atau ada juga yang sebut 'gobangan', motor bisa-bisa susah langsam (lepas gas, dan putaran mesin berkurang) jadinya nyelonong. Atau juga tidak bisa stasioner (saat motor diam misalnya karena lampu merah, mesin akan berhenti)," ujar salah seorang mekanik.

Rumah filter yang lubang untuk murnya sudah aus tentu sebaiknya diganti. Harganya di kisaran ratusan ribu rupiah, tergantung jenis dan merek sepeda motor. Namun ada pula cara lain yang lebih hemat, yakni mengganti mur dengan ukuran yang lebih besar sedikit.

"Ganti mur yang lebih besar sedikit, paket hemat lah kira-kira," ujarnya seraya menambahkan kalau ini sering terjadi pada skutik dengan jarak tempuh 20.000 km ke atas atau tergantung pemakaian.

viewed :: 11187
Berita Terkait Lainnya :