16 Mei 2018
TIPS MOBIL

Hujan, Wajib Pegang Setir Pakai Dua Tangan


Peralihan dari musim kemarau ke musim hujan mulai berdampak pada seringnya kota-kota di Indonesia diguyur hujan, bahkan tak jarang menimbulkan genangan, banjir, dan jalan yang licin.

Sederhana dan perlu diingatkan kembali, salah satu hal yang penting terutama saat mengendarai mobil adalah tetap menaruh kedua tangan di setir. Di jalan kering, menyetir dengan tangan satu bisa saja dilakukan. Namun ada baiknya kedua tangan tetap di setir jika melibas hujan, untuk mengantisipasi hal-hal yang di luar perhitungan.

Menyetir saat aspal jalan basah juga sebaiknya disikapi dengan tidak tergesa-gesa.

Ban pun jangan lupa diperiksa, apalagi juga sudah gundul. Kalau sudah bertahun-tahun, menyetir dengan ban gundul bisa bahaya saat melibas hujan. Daya cengkeramnya akan kurang karena sela-sela ban kembangnya tidak ada sehingga air yang seharusnya bisa mengalir mengikuti kontur malah menahan keseluruhan ban. Akibatnya, mobil bisa saja selip dan
tergelincir.

Jangan pula mengerem saat belok. Ini bisa bikin mobil tergelincir, mirip pada kondisi oversteer (ketika setir dibelokkan, tetapi mobil tidak ikut serta). Oleh karenanya, melajulah lebih pelan dibanding saat kondisi jalan kering.

Usahakan menjaga jarak dengan mobil di depan karena rem yang basah terkena air, ditambah medan yang licin, akan membuat proses henti lebih lama sehingga mobil cenderung kebablasan saat mengerem.

viewed :: 11702
Berita Terkait Lainnya :