20 Oktober 2019
TIPS MOTOR

Tips Memeriksa Water Coolant Pada Sepeda Motor


Coolant radiator sangat penting peranannya dalam menjaga  kestabilan suhu  engine pada motor yang berpendingin  cairan. Perlu disadari  bahwa coolant didalam radiator  mempunyai life time, atau masa unjuk kerja optimal, jika  sudah  melebihi masa pakai nya, maka selayaknya segera diganti. Biasanya  coolant yang sudah melebihi masa pakai akan cepat mengendap dan menyebabkan radiator kotor & titik didih nya yang mulai menurun menyebab kan mesin mudah menjadi cepat panas.

Maka dari itu Widi juga sedang melakukan persiapan touring mudik dengan  Paijo pemilik CBR mencoba sharing tentang bagaimana cara penggantian atau pengurasan water coolant radiator, yang juga bisa momoners praktekkan pada motor lain yang berpendingin cairan. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Langkah pertama buka cover-cover ataupun fairing yang menutupi keberadaanradiator, dan lepas radiator dari dudukannya untuk mempermudah melakukan pengisian.

2. Lepas clamp pipa saluran selang out dari water pump (untuk  jenis  CBR - CS1 - Ninja 150 Dll ada di bagian  kanan block kopling dan untuk jenis  mx- dan vixion ada  disebelah cylinder head) lepas selang dan tampung sisa water coolant dengan penadah  ember  atau  yg  lainnya  NB : water coolant mengandung  B3  bahan beracun mencemari dan berbahaya  bagi lingkungan (jangan  dibuang di alam bebas atau pada saluran air) pastikan penutup radiator  telah  dibuka agar cairan keluar dari selang dengan cepat. Untuk membuka penutup radiator  sendiri  jangan sekali-sekali membukanya saat radiator dalam kondisi panas berbahaya! karena tekanan tinggi bisa menyembur dan melukai kulit.

3. Setelah  semua nya  terkuras  bisa dibilas dengan air suling  air minum botol atau bisa di flush dengan water coolant yang  baru kalo  tidak  akan terbuang coolant.

4. Pasang kembali selang dan clamping nya ke saluran outer pump, isikan water coolant yang baru ke dalam radiator hingga penuh kali ini Widi sudah mencoba coolant dari merk Top 1 dengan harga 20rb saja  untuk yang 1liter bukan  produk oli nya.

5. Nyalakan mesin dalam kondisi stationer selama 5menit FYI jika mesin belum panas maka valve saluran radiator belum terbuka dan belum bersirkulasi berputar menuju water jacket pada block mesin, setelah 5menit tambahkan lagi water coolant kedalam radiator, karena setelah bersirkulasi biasanya level cairan dalam radiator berkurang, cek terus hingga level cairan penuh saat bersirkulasi.

6. Kembalikan dan posisikan seperti semula coolant.

FYI biasanya masa umur pakai water coolant antara 1 tahun hingga 2 tahun, silakan dishare untuk CBR  karena radiator lumayan besar dan berprofil tebal maka membutuhkan coolant sekitar 650ml belum termasuk reservoir, untuk radiator yg lain menyesuaikan saja. (RV)

viewed :: 17593
Berita Terkait Lainnya :