23 Agustus 2019
TIPS MOTOR

Jas Hujan Ponco Berbahaya Bagi Pengendara Motor


Menggunakan jas hujan model ponco memang membahayakan atau menjadi musuh utama bagi para pengendara motor. Sekitar 5 persen kecelakaan motor terjadi karena penggunaan jas hujan ponco. setidaknya kurang dari 5 persen kecelakaan lalu lintas khususnya pengguna motor diakibatkan oleh penggunaan jas hujan model ponco. Meski kurang dari 5 persen, penggunaan jas hujan model ponco tetap saja berbahaya. Masyarakat jangan menilai angka kecelakaannya yang minim namun dilihat dari bahayanya itu yang dapat merenggut nyawa seseorang.

Angkanya boleh dibilang sangat minim dibanding kecelakaan yang diakibatkan oleh hal lain tapi ingat bahayanya itu jauh lebih fatal, karena jas hujan ponco dapat menggangu pengendara lain, jas hujan ponco juga dapat tersangkut pada kendaraan lain maupun tersangkut pada roda motor.

Data dari Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) tahun 2012 memperlihatkan angka kecelakaan sepeda motor mencapai 111.015 unit. Namun, angka kecelakaan motor ini berkurang dari tahun sebelumnya yang berada di angka 151.591 unit.

Menyikapi fenomena penggunaan jas hujan oleh pengendara motor, hal ini terjadi karena masyarakat belum paham sepenuhnya mengenai keamanan berkendara.

"Ini merupakan paradigma masyarakat kita, mereka hanya mengendarai motor saja, tapi dasar-dasarnya lemah," kata Training Director Jakarta Defensive Driving Center (JDDC), Jusri Pulubuhu.

Jusri menuturkan pengendara motor hanya memikirkan skill berkendara, tanpa memperhatikan pemilihan jas hujan yang tepat sebelum berkendara. "Mereka hanya tahu bisa menggunakannya (mengendarai motor) dan hanya memiliki jas hujan (jas hujan ponco). Ini menunjukkan bahwa pengendara di Indonesia sangat lemah akan pemahaman safety riding," tambah Jusri.

"Lebih lucu lagi, masih banyak pengendara hanya menggunakan jas hujan dengan plastik saja. Padahal sudah pasti itu akan membuat mereka kebasahan, sebaiknya setiap pengendara menghindari penggunaan jas hujan 1 piece (ponco) dan lebih memilih untuk menggunakan jas hujan 2 piece (baju dan celana terpisah)," tambahnya.

Jangan menilai harga yang kita butuhkan untuk membeli jas hujan 2 piece (baju dan celana terpisah) tapi nilai bahaya yang akan kita dapatkan bila menggunakan jas hujan ponco yang sudah jelas sangat rentan dengan keselamatan.     [w33]

viewed :: 12430
Berita Terkait Lainnya :