20 Januari 2018
TIPS MOBIL

Bersih-Bersih Ruang Bakar Detox Mesin


Kebersihan ruang bakar alias combustion chamber dipengaruhi oleh banyak hal. Termasuk kualitas bbm, kemampuan busi yang melemah, bocornya seal dan kondisi ring piston, hingga timing pengapian yang tidak pas, serta kondisi jalan yang serba macet.

Hal ini menyebabkan timbunan karbon di dalam ruang bakar semakin menumpuk. Yang tentu saja akan berdampak pada turunnya performa mesin, yang ujung-ujungnya berpengaruh pada konsumsi bbm.

Cara umum untuk menghilangkan kerak di ruang bakar adalah dengan metode konvensional. Kepala silinder dibongkar, kemudian piston dan ruang bakar dibersihkan secara manual. Tentu cara ini banyak memakan waktu dan biaya, walaupun hasilnya secara kasat mata langsung terlihat.

Ada lagi sejumlah bengkel yang menawarkan jasa carbon clean, yang singkatnya memasukkan cairan penghancur endapan karbon ke ruang bakar, diamkan sesaat kemudian cairan tersebut dikeluarkan kembali menggunakan alat penghisap. Cara ini cukup efektif dengan waktu dan biaya yang dikeluarkan. Sebagai gambaran, biaya yang harus disediakan berkisar Rp
300-500 ribu.

Tapi buat yang doyan ngoprek di rumah, sebenarnya masih ada cara lain. Yaitu dengan mengunakan produk-produk pembersih khusus seperti DCS, Gzok, Taiho Kohzai NX500 dan sejenisnya, yang di pasaran dihargai sekitar Rp 60-150 ribu. Walau secara hasil tidak sebersih carbon clean dan metode konvensional, namun jika dilakukan rutin, niscaya kebersihan luar bakar tetap terjaga. Toh mencegah lebih baik daripada mengobati kan ??   

Step by step

1. Panaskan mesin hingga suhu kerja. Kemudian buka saluran filter udara ke arah throttle body.
2. Semprotkan cairan busa ke arah throttle body, diamkan sekitar 5 menit. Agar kerak atau kotoran di dalamnya larut dan melunak.
3. Hidupkan mesin, mainkan rpm hingga asap putih di knalpot hilang.
4. Copot kabel busi, gunakan kunci busi untuk membuka busi di masing-masing silinder
5. Semprotkan cairan busa ke masing-masing silinder hingga luber.
6. Diamkan sekitar 15 menit, agar reaksi kimia terhadap kerak berlangsung sempurna.
7. Siapkan kertas atau kain, tempatkan di depan lubang-lubang busi. Gunanya agar kotoran yang keluar tidak mengotori kompartemen mesin. Putar kunci kontak berkali-kali hingga kotoran tidak lagi keluar dari lubang-lubang silinder. Jika perlu, ulang langkah ini hingga kotoran tak lagi tampak.
8. Terbukti, kotoran di dalam ruang bakar berpindah di kertas.
9. Pasang busi, dan kabel busi seperti semula.
10. Hidupkan mesin. Jangan kaget jika kepulan asap keluar dari knalpot. Biarkan mesin idle diselingi putaran rpm tinggi, hingga asap putih di knalpot berangsur hilang.

Alat-bahan :
1. Produk Taiho Kohzai NX 500 (bisa saja menggunakan produk sejenis merek lain)
2. Obeng Minus
3. Kunci Busi
4. Tang

viewed :: 11996
Berita Terkait Lainnya :