19 Januari 2018
TIPS MOTOR

Bersihkan Rantai Dengan Bensin Tidak Masalah?


Jika melihat kebiasaan dalam merawat rantai sepeda motor, orang mungkin menggunakan pelumas semprot atau bahkan bensin.

Alfons S, Marketing Product PT Altama Surya Arsa, yang memasarkan cairan pembersih merek Rexco, berujar bahwa melumasi rantai dengan bensin tidak masalah. Namun, ada yang lebih maksimal, terutama jika rantai sudah mulai tumbuh karat.

Pakai bensin, gak masalah. Pakai Chainlube langsung tanpa Rexco (cairan pembersih, termasuk anti-karat) pun tidak masalah, tetapi tidak maksimal, ujarnya.

Dia pun menyarankan tahapan yang bisa dilakukan terhadap rantai, terutama ketika biker sudah mulai merasakan gejala kurang nyaman.

Cobain, rantai yang dibersihin dulu dengan Rexco, lalu diberi Chainlube, sama rantai yang cuma dibersihin pakai bensin. Kalau pakai motor tiap hari, pasti terasa bedanya. Kalau pakai pelumas langsung, sayang karena kotorannya masih ada di sana, ujarnya.

Rexco sendiri punya fungsi merontokkan cairan-cairan, debut, karat yang menempel pada logam, termasuk pada rantai sepeda motor. Rexco pun bisa digunakan langsung pada tahap awal untuk menghilangkan kotoran yang menempel, lalu setelahnya diikuti dengan pelumas rantai.

Dalam merontokkan karat, Rexco sendiri sudah diuji terhadap sebuah baut tua di galangan kapal yang akhirnya berhasil diputar.

PT Altama Surya Arsa sendiri menyediakan Rexco 50, Rexco 25, dan Rexco 18, yang masing-masing memiliki kandungan formula dari Amerika Serikat dengan melalui tahap pengujian ketat sebelum dipasarkan.

viewed :: 11691
Berita Terkait Lainnya :