20 Januari 2018
TIPS MOTOR

Ini Syarat Minimal Memodifikasi Sepeda Motor


Modifikasi sepeda motor bukan sekadar merombak tunggangan menjadi seperti dalam imajinasi. Semua ada aturan mainnya, termasuk syarat minimal kelaikan jalan agar tak cuma jadi pajangan.

Begitu juga dengan peserta Kustomfest 2014, tak sembarang sepeda motor modifikasi yang lolos dan berhak tampil.

Penyelenggara benar-benar menerapkan aturan ketat sebagai bagian dari edukasi cara memodifikasi sepeda motor yang benar dan sesuai aturan.

Inilah yang ditegaskan Hidayat Priyo-akrab disapa Yayak-, Direktur Marketing Kustomfest 2014, sekaligus bertugas sebagai Scrut Officer (penyeleksi). Dikatakan bahwa untuk lolos scrutinering (seleksi), sepeda motor harus punya kriteria dasar modifikasi.

Kami ingin campaign untuk mengedukasi builder. Semua karya sangat bagus, cuma ada paham yang harus diperketat dan diluruskan. Tidak semua lolos scrut, bahkan setelah ada yang melihat proses, calon peserta mengundurkan diri sebelum dites karena yakin tidak akan lolos, terang Yayak kepada KompasOtomotif (11/10/2014).

Berikut syarat minimal memodifikasi sepeda motor versi Kustomfest, berdasarkan penjelasan Yayak:

1. Mesin bisa dihidupkan. Ini adalah syarat mutlak. Tidak mungkin sepeda motor bisa dijalankan jika tak ada mesin yang bisa dinyalakan.

2. Stationer. Dalam keadaan berhenti, mesin menyala normal. Tidak tiba-tiba rpm tinggi atau gampang mati. Cuma bisa menyala tetapi tidak normal, panitia tak akan meloloskan.

3. Kopling tidak bermasalah. Setelan harus benar. Misalnya, memindahkan gigi dari 0 ke 1, tapi sepeda motor loncat padahal tuas kopling masih ditekan. Ini menyangkut keamanan. Boleh memodifikasi, tetapi harus tetap bisa berjalan normal, tegas Yayak.

4. Fungsi rem. Peranti ini harus bisa dioperasikan. Panitia mengetes sepeda motor dengan menjalankannya tiga meter stop and go.

5. Fungsi instrumen. Apa yang diletakkan pada sepeda motor harus ada fungsinya. Misalnya memasang lampu sein kecil, tetapi tidak menyala, akan didiskualifikasi. Tidak dipasang instrumen aneh-aneh juga tidak masalah. Intinya apa pun yang menempel harus bisa bekerja. Tidak lucu menggunakan enam karburator tapi cuma pajangan, sindir Yayak.

6. Manuver. Sepeda motor harus bisa berbelok, dites dengan berkendara di jalur angka 8. Hal ini ada hubungannya juga dengan keamanan. Boleh over rake, cuma harus bisa berbelok dengan aman.

viewed :: 11396
Berita Terkait Lainnya :