16 Mei 2018
TIPS MOBIL

5 Cara untuk Menghemat Biaya Berkendara


Mengeluarkan uang untuk biaya hidup sehari-hari merupakan faktor utama yang paling banyak menyerap gaji bulanan Anda.

Selain itu, biaya untuk mengendarai mobil juga cukup menguras kantong, terutama akibat harga bahan bakar yang semakin mahal.

Karena itu, untuk mengurangi pengeluaran terhadap kendaraan Anda, mungkin Anda bisa mengikuti lima cara berikut ini.

1. Gunakan mobil yang rendah biaya asuransinya

Salah satu pengeluaran terbesar dari mobil Anda adalah untuk membayar biaya asuransi per tahunnya. Karena itu, untuk menekan pengeluaran Anda, belilah mobil yang biaya asuransinya rendah.

Penentuan premi asuransi dilakukan berdasarkan umur mobil dan harga mobil. Semakin tua umur mobil atau harganya sangat mahal, maka biaya premi asuransi per tahunnya juga semakin mahal. Karena itu, pilihlah mobil yang masih cukup baru dan murah.

2. Asuransikan mobil Anda

Walaupun Anda harus membayar premi asuransi tahunan, melindungi mobil Anda dengan asuransi juga merupakan salah satu cara untuk menghemat pengeluaran.

Misalnya, Anda tak perlu mengeluarkan uang berjuta-juta untuk memperbaiki mobil Anda akibat ditabrak orang lain.

Cukup membayar biaya untuk masuk bengkel yang tak sampai satu juta rupiah, mobil Anda pun akan rapi kembali.

3. Jangan terlalu sering berkendara

Semakin sedikit jarak yang ditempuh mobil Anda, semakin sedikit pula biaya yang Anda keluarkan untuk membeli bahan bakar atau untuk perawatan mobil. Jika Anda ingin pergi berbelanja ke minimarket dekat rumah, usahakn tidak perlu membeli mobil.

Gunakan saja angkutan umum atau sepeda jika memilikinya. Selain lebih ramah lingkungan, Anda juga tidak perlu repot memarkirkan mobil.

4. Mengemudi dengan aman

Selain memberikan rasa aman bagi diri Anda dan orang lain, mengemudi dengan aman juga dapat mengurangi beban pengeluaran Anda. Mengemudi dengan aman berarti Anda bisa terhindar dari tilang polisi lalu-lintas. Atau, bisa juga

Anda terhindar dari tabrakan dengan mobil lain yang membuat Anda harus membayar biaya ganti rugi.

Selain menghindarkan Anda dari tabrakan atau ditilang, mengemudi dengan aman juga bisa menghemat pemakaian bahan bakar. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengemudi secara agresif dan dalam kecepatan tinggi akan mengurangi bahan bakar 30 persen lebih cepat. Karena itu, mengemudilah dengan batas kecepatan normal, serta berakselerasi pelan-pelan.

5. Membeli mobil yang harganya tak jatuh

Salah satu hal yang perlu Anda pertimbangkan ketika akan membeli mobil adalah apakah harga mobil tersebut akan cepat turun harganya atau tidak. Untuk berjaga-jaga siapa tahu Anda perlu untuk menjual mobil milik Anda di kemudian hari,

Anda perlu membeli mobil dengan harga jual yang tidak cepat turun.

Penurunan harga mobil yang cukup besar biasanya terjadi pada 12 bulan pertama. Mobil dengan transmisi otomatis juga umumnya paling cepat turun harga jualnya dibanding mobil dengan transmisi manual.

viewed :: 11246
Berita Terkait Lainnya :