05 November 2020
CLUB MOTOR

YVAJ (Yamaha Vixion Adventure Jakarta)


Tidak mesti ngumpul-ngumpul, ala motobikers di tempat-tempat tertentu itu identik dengan buang-buang waktu. Justru dari ngumpul-ngumpul ini, lahir ide-ide segar, salah satunya mengkampanyekan Safety Riding, dan berusaha menjadi pionir kampanye keselamatan jalan itu, di setiap petualangannya. Melalui komunitas, yang mereka namakan dengan YVAJ (Yamaha Vixion Adventure Jakarta) Petronas L.A.

Berawal dari forum milis dan  Facebook, hingga akhirn ya melaksanakan kopdar bersama, karena memiliki pemikiran yang sama, mengenai kuda besi Yamaha V-ixion ditambah serunya petualangan di alanan, maka sejak 4 April 2009 dibentuklah YVAJ. Bukan dengan pesta atau seremoni hura-hura untuk merayakan terbentuknya YVAJ. Justru mereka  melakukan kunjungan bersama dengan seluruh anggota YVAJ ke Situ Gintung di selatan Jakarta. Tujuannya untuk mengadakan amal bakti ke korban jebolnya waduk Situ Gintung seperti pemberian mie instan, pakaian layak pakai, obat-obatan dan dana.

Komunitas yang mempunyai motto My V-xion My adventure and Keep Brotherhood ini, mempunyai 15-an anggota. Semuanya fanatic pada motor Yamaha 150cc ini. Meskipun tempat tongkrongan mereka berada di kawasan Petronas Lenteng Agung, Jakarta Selatan, namun anggota YVAJ ada juga yang berasal dari Ciledug, bahkan Pamulang daerah satelit Jakarta.

Tidak ada senioritas dalam tubuh YVAJ " Semuanya sama, yang lebih kita utamakan adalah brotherhood atau persaudaraan dengan intern YVAJ ataupun dengan komunitas lain. "Bro bisa lihat sendiri kan? Setiap club atau komunitas lain yang melintas di depan base camp kita, selalu mengklakson motornya, sebagai tanda persaudaraan. Karena kami pun seperti itu, jika sedang di jalanan." jelas Akbar, salah satu anggota YVAJ yang terbilang lebih tua dari anggota lainnya kepada MotoDream.

Cukup simple bicara AD/ART  YVAJ ini, setiap malam minggu, mereka berkumpul di Petronas, dan setiap anggota dikenakan iuran sebesar 5.000-10.000 rupiah. Dana itu mereka pergunakan untuk keperluan kopdar, dan uang kas yang nantinya dipergunakan untuk kesejahteraan anggota sampai persiapan sumbangan sosial lainnya.

Menariknya, sekalipun ukuran umur YVAJ terbilang baru, tapi Visi dan Misi mereka jelas. Seperti visi misi YVAJ yang memandang semua pengguna jalan all bikers, all brothers, menghilangkan kelas-kelas dari sesama pengguna jalan. Meskipun Yamaha V-ixion termasuk kategori motor sporty, tetapi YVAJ tetap  menghormati pengendara motor lain, seperti bebek dan skuter.

Di samping itu, tentunya YVAJ sebagai wadah untuk berbagi bersama. Untuk itu sebagai suatu komunitas,YVAJ juga mempunyai niat untuk membesarkan klubnya, memperkenalkan dan mengkampanyekan Safety Riding kepadamasyarakat, serta berusaha memperbaiki citra gangster yang pernah diterpa isu negatif.

Untuk menjalankan sebaik mungkin visi dan misi YVAJ, segenap anggota YVAJ diharuskan mematuhi peraturan lalu lintas dan harus memperhatikan Safety Riding di setiap mengadakan perjalanan atau pada saat mengadakan touring bersama. " Rata-rata kami alumnus dari berbagai macam klub, sehingga pengetahuan tentang lalu lintas dan Safety Riding, tentang teknik bagaimana kita di jalan, sudah kita kenal sejak dari dulu. Kini, kita terkumpul dalam satu wadah YVAJ. Nilai-nilai idealisme Safety Riding tetap kita jalankan bersama." Jelas Salay, ketua YVAJ Petronas.

Tak heran berbagai komentar positif, ikut mewarnai perjalanan YVAJ dimanapun mereka touring. " Mereka sering melintas di daerah sini, tertib dan tidak resek, sekalipun pake motor yang lumayan gede." Ungkap Sudrajat, salah satu tukang ojek kawasan stasiun Pasar Minggu.(w33)

Profil:
YVAJ (Yamaha V-ixion Adventure Jakarta) Petronas.
Penasehat          : Akbar
Ketua              : Salay
Bendahara          : Sebastian
Humas Luar         : Hendri
Sekretariat        : Jln. Raya Lenteng Agung No 57A
Base Camp          : Petronas Lenteng Agung
Telp               : 085210228822 / 02195595319

Email:
- yamahavixionadventurejakarta@gmail.com

viewed :: 13838

Berita Terkait Lainnya :