29 Juni 2020
SHOWROOM MOBIL

Toyota Kijang Innova : Melawan Kodrat


Hampir dipastikan Toyota Kijang Innova yang beredar dijalanan tampil kalem dan standar ala kadarnya. Namun beda untuk mobil milik pemuda bernama Muhammad Hindersyah yang sedikit melawan kodrat. "Karena kodratnya Innova adalah sebuah mobil keluarga, gue coba bangun Innova dengan konsep simple elegant, sekaligus untuk mengubah mindset khalayak ramai tentang mobil keluarga," bukanya.

Soal inspirasi modifikasi Kijang Innova lansiran 2007 miliknya, Hendar sapaan akarabnya memperoleh dari dunia maya, terutama orang-orang Jepang yang banyak memodifikasi mobil sekelas MPV dengan aliran simple elegant.

Padukan Dengan Gaya Stance
Berhubung belakangan ini sedang gandrung aliran stance, Hendar pun tak mau ketinggalan. "Gue berusaha untuk memadukan aliran elegant dan stance, karena menurut gue 2 aliran tersebut gak jauh perbedaannya, dan kalo digabungin juga konsepnya tidak saling bertabrakan dan tidak berkesan gado-gado," ucap Hendar.

Pakai Velg BMW X5
Biar gaya stance semakin terlihat berkelas, Hendar mengadopsi velg OEM BMW X5 dengan spesifikasi yang cukup ekstrim, yaitu 19x(9+10) inci dengan offset 45 dan  48. Hasilnya, Kijang Innova-nya terlihat gambot akibat velg over fender.

Dengan tampilan roda yang sekarang, tentunya melewati banyak proses. "Gue coba buka website luar negri untuk lihat ilustrasi jika velg dipadukan dengan ban 225/40R19 (depan) dan 245/40R19 (belakang). Karena setelah gue tanya ke temen-teman, suara terbanyak mereka menyarankan juga dengan ukuran seperti itu. Untuk pemasangan ban ke velg, proses seperti biasa, karena ban stretch masih ukuran masuk akal dan nggak perlu ditembak angin," terang Hendar.

Sektor kaki-kaki depan menggunakan per Toyota Crown yang di-custom dan dipadukan shock Bilstein Silver. Pada bagian belakang pakai per Mercy Tiger custom dipadukan shock Honda CR-V. "Setting-annya sengaja dibuat keras supaya ketika lewatin jalanan bumpy, mobil nggak terlalu ngayun yang mengakibatkan gesrot," tambah pria yang hobi  travelling dan olah raga ini.

Tambah Aksesoris Biar Gaya dan Safety
Masih di bagian eksterior, Hendar menambahkan beberapa aksesoris biar Kijang Innova-nya tampil gaya sekaligus safety. Diantaranya side maker yang kerap kali dipakai mobil USDM. "Prosesnya yang pertama nge-mall side marker ke area bumper. Setelah itu, area bumper dibor dan dikikir untuk merapihkan sehingga membentuk area side marker. Kemudian side marker ada semacam klip dan klem untuk ngiket ke bumpernya. Untuk sumber arus, gue pilih untuk disambungkan ke lampu senja dan akhirnya side marker pun terpasang sempurna," cerita Hendar.

Selain itu terdapat ducktail, tailpipe Upswept dan sein fender BMW E46 supaya ketika belok, lampu sein tetap terlihat. "Sein ini juga sudah jadi trend modifikasi pada di klub TKCI, yang rata-rata diaplikasikan pada Kijang kotak dan kapsul," tambahnya.

Jok Model Garson, Sunroof Dan Aksen Kayu
Untuk merombak bagian interior agar nyaman dihinggapi maupun dilihat, Hendar menggunakan jok model Garson serta aksen kayu pada stir dan panel. Unsur wood panel dipakai lantaran ia terinspirasi mobil Eropa karena terkesan mewah.

Buat Sunroof menurut Hendar sudah tidak awam lagi bagi sebagian orang. Kalau kata orang-orang sih, ini peranti wajib bagi penganut aliran elegant. Dari situ, yang jadi alasannya untuk pasang sunroof Inalfa.

"Ada satu kendala, untuk Innova kan ada A/C double blower-nya. Karena pengaplikasian Inalfa ini cukup makan space yang besar, gue putuskan untuk melepas jalur A/C kabin B. Selebihnya untuk kabin C, A/C tetap aktif. Step terakhir hanya melapis plafon dengan semi kulit MBTech Superior sekalian merapihkan potongan plafon bekas sunroof," tutup pria yang menjabat sebagai Sales Executive di sebuah perusahaan Travel.

Data Modifikasi
Eksterior : Ducktail Custom, Tailpipe Upswept, Stoplamp Grand New Innova, HID Luminous 8000K, Retract Spion Custom, Side Fender Custom BMW E46, Side Marker Honda CR-V.
Interior : Snroof Inalfa size L, Stir Wood Panel Toyota Camry, Wood Panel Custom.
Audio : Head Unit Pioneer AVH-P6850DVD, TV Tuner Pioneer
Kaki-kaki : Velg OEM BMW X5 19x(9-10)", Ban Accelera 225/40R19 & 245/40R19, Suspensi Custom.|
Mesin : Pivot 5 Point Ground Cable, CAI, Filter Replacement K&N.     ..... [w33]

viewed :: 18210
Berita Terkait Lainnya :