14 September 2017
SHOWROOM MOBIL

Modifikasi Toyota Yaris - Siap Buat Kontes SQ dan SQL


Tak banyak modifikasi audio yang seperti dilakukan Julio Jayadi dari workshop Galaxy Variasi, Bogor. Pemuda supel ini menggabungkan aliran sound quality (SQ) dengan sound quality loud (SQL) di dalam satu mobil, atau istilah kerennya Dual System.

"Tujuan mobil ini dibangun adalah buat mobil demo bengkel, buat show off sekaligus buat kompetisi," ungkap  Julio yang juga tergabung dalam tim Impulse. Dalam kompetisi, Yaris ini sudah memnggondol piala kelas Advanced 4000 dan Sound Only Advanced 4000 pada gelaran Kontes EMMA yang belum lama ini terselenggara.

Dua Setiingan Tersimpan Pada Memori Processor
Untuk membedakan alunan irama ketika SQ dan SQl Julio menyimpaan settingan didalam memori yang tersedia diprocessor, "Gue simpen settingan di memori processor, jadi ketika SQ ada beberapa perangkat yang mati, untuk memori SQLnya hidup semua," ucapnya.

"Istimewa settingan SQnya adalah suaranya lebih natural, highnya lebih extend, smooth dan warm. Kalalu di SQLnya suaranya rapih dan kencang kemudian dBnya mencpai sekitar 133 dB dangan kondisi pengukuran pintu dibuka," terangnya.

Installasi Dan Placement Terlihat Atraktif
Selain audionya juara, installasi dan penempatan perangkat terslihat begitu atraktif. Nah, dalam merangkai sistem, Julio memulainya dengan sumber suara yang berasal dari head unit Pioneer P99RS yang ditemani processor Alpine PXA H701.

Untuk menyambut suara dari head unit, digunakan speaker dengan formasi 3Way yang bersarang di pilar A dan doortrim untuk midbassnya. "Speaker 3 Way Impulse Zigma gue pakai agar frekuensi suara dari yang atas hingga frekuensi bawah ter-reproduksi dengan baik," jelas Julio.

Sajian menarik terlihat pada penempatan speaker tengah. Julio meletakan dua set speaker 2 Way pada doortrim pintu baris dua yang dibalut apik dengan pelapis kulit berwarna coklat dan hitam, kemudian diberi aksen warna biru.

Padukan 2 Set 2 Way dan 2 subwoofer
Walaupun  menyandang predikat juara satu, tapi kesuksesan  justru diperoleh dari "serba dua", yaitu 2 Set 2 Way dan 2 subwoofer yang ditata sangat apik dibagasi. "Untuk rear speaker cukup pakai 2 Way saja sudah bagus, tak perlu tambah midrange," tukas Julio.

Nah, untuk dua unit subwoofer Impulse SW 12.2 diracik dengan boks berukuran jumbo, "dengan perpaduan boks dan subwoofer ini, suara bass jadi lebih focus dan deep," tukas pria berkawat gigi.

Urusan memacu daya  agar sejumlah speaker bekerja dengan optimal ketika memutar lagu, Julio mendrive menggunakan 4 unit power amplifier, diantaranya  power Impulse Special Edition 4 Channel, 2 unit Impulse i.80 dan satu unit power monoblock Impulse i.1000.

Spesifikasi Audio  : Head Unit P99RS, Processor Alpine PXA H701, Front Speaker 3Way Impulse Zigma, Speaker Tengah 2 set Impulse 3.12, Speaker Belakang 1 set Impulse Zigma dan 1 Set Impulse 4.12, Subwoofer 2 pc  Impulse SW12.2, RCA Impulse Blue Melody, Kebel speaker Audio Stage, Power Impulse Special Edition 4 Channel, 2 unit Impulse i.80 dan monoblock Impulse i.1000.     ..... [w33]

viewed :: 13355
Berita Terkait Lainnya :