13 September 2017
SHOWROOM MOBIL

Modifikasi Honda Jazz SQ : Tata Suara Memukau Raih Jawara


Meracik sistem audio pada Honda Jazz milik Ahmad Jahidi butuh ketelitian pada setiap sektornya, alhasil juara pertama diraih pada kelas Single Tunner pro 50 Juta.

"Audio ibarat kita memasak mau seperti apa bahannya, jika mengolahnya pintar hasilnya akan enak. Itulah yang saya aplikasikan di mobil ini yang menata suara sesuai regulasi, tonal ballance rapih, stage terbentuk, dan ada rasa pada saat sistem mulai mengeluarkan semua sumber suara mulai dari penyayi, drum, snare, trompet, guitar, bass dan instrumen lainnya. Bahkan juri berkomentar suaranya musical, semua frekuensi bass, mid dan high terdengar porposional, tonal ballancenya bagus, stage bagus, suara mundur dan seakan-akan kami diberikan ilusi adanya kehadiran penyayi dan pemain musik hadir di atas dashboard, dan yang paling berkesan di pendengaran juri adanya rasa ketika saat penyanyi harus lirih dia lirih, saat harus nahan emosi dia nahan, itu yang paling susah mengeluarkannya didalam sistem mobil ini," buka Ricky selaku eksekutor mobil.

Prestasi ini memang perlu proses yang panjang untuk mendapatkan kemampuan mengukir juara di ajang kompetisi SQ. "Kuncinya latihan dan perbanyak mendengarkan berbagai jenis musik, sehingga kami bisa menjadi seorang critical listener. Lalu, sering mengikuti kompetisi dan simak baik-baik komentar juri, jika ada kekurangan diperbaiki dan jangan pernah puas dengan hasil yang didapat. Perlu diingat, jika mengikuti sebuah kompetisi jangan lupakan rules, karena didalam sebuah kompetisi, bertarung melalui poin bukan masalah selera," imbuh Ricky.

Karena mobil dipakai untuk harian penambahan peredam tidak terlalu ekstrem,  namun dengan posisi yang tepat hasilnya bisa meminimalisir gangguan suara yang muncul baik dari getaran body mobil maupun suara dari luar. "Gue hanya tambahkan di bagian yang krusial seperti pintu dan lantai. Penambahan di pintu supaya midbass bisa optimal karena tidak adanya suara yang bocor dan menghilangkan getaran, sedangkan penambahan dilantai ketika moil berjalan suara bising ban bisa diminimalisir.", cetus Ricky.

Meningkatkan kemampuan otak sistem audio pada Honda Jazz dengan mengganti head unit standard dengan Pioneer Carrozzeria DEH-P01. "Menggunakan head unit afteramrket kami dapat menemukan  beragam menu setting yang lebih memadai seperti fasilitas time aligment, crossover dan EQ indepenent, hal ini memudahkan dalam mengatur suara yang benar.", cetus Ricky.

Meskipun menggunakan 2 way sistem, suara yang terpapar bisa mumpuni, hal ini memang diakali dengan posisi yang tepat yaitu membuat dudukan custom bagi tweeter dan midbass. "Bagi kami, penggunaan 2 way sudah baik yang penting driver ini memiliki spektrum frekuensi yang luas. Hal ini terbukti suara lebih mundur dan rapih.", papar Ricky."lalu sentuhan midbass kami tambahkan alumunium dural, sehingga dalam mereproduksi suara lebih bersih , tidak ada distorsi dan suara-suara boomy, sehingga stage menjadi rapih.", tambahnya.

Mengakali kinerja subwoofer dibalut dengan boks berjenis sealed dengan volume boks mengikuti rekomendasi pabrikan, alhasil suara bass menjadi solid. "Volumenya saya buat 42 liter sesuai rekomendasi dari pabrikan, dampaknya suara menjadi lebih punchy dan speed-nya bagus. Sedangkan didalam boks kami sematkan dacron untuk meminimalisir suara dengung dan berbuntut.", jelas Ricky.

Sementara, suplay tenaga di akomodir dengan penggunakan 2 unit power berbeda kanal agar arus yang didapat bisa mumpuni didapat oleh tiap speaker. "4 channel saya gunakan untuk sokong tenaga speaker depan dengan bermain aktif tanpa penambahan crossover, alasannya agar mudah explore pada saat setting dengan sistem aktif, lalu untuk subwoofer di drive dengan metode system bridge.", ungkap Ricky.

Lalu penambahan stabilizer untuk menjaga stabilitas voltase agar suplay tenaga tetap konstan. "Penambahan RS Audio MSR power stabilizer membantu mendapatkan nilai 14,4 yang stabil, karena power besar sering menyedot nilai voltase di aki, sehingga alat ini sanagat membantu dalam kualitas suara yang terdengar.", tutupnya.

Spesifikasi : Head unit: Pioneer Carrozzeria DEH-P01, speaker : RS Audio Revelation 165, power amplifier : RS Audio Ability 100B (depan), RS Audio Ability 2175 (subwoofer), Volt Up Stabilizer RS Audio MSR 130, kabel RCA dan Speaker :Vermouth Black Curse, Peredam :Harmonic Drive, Aki Amaron      ..... [w33]

viewed :: 11768
Berita Terkait Lainnya :