13 Januari 2018
TIPS MOBIL

Tips Memasang Dan Mengganti Aki Mobil


Ketika aki sudah mulai tidak berfungsi, memang akan ada banyak masalah yang sering muncul dan membuat mesin kurang stabil. Terutama dalam kasus kelistrikannya.

Salah satu yang kurang menyenangkan adalah mesin tidak akan bisa menyala. Jika terjadi hal yang demikian, dan perlu mengganti aki, ada tips jitu yang bisa Anda lakukan tanpa harus meminta montir datang ke rumah.

Langkah pertama yang harus diketahui adalah cara melepas sekaligus mengambil kabel yang wajib dilepas duluan. Kalau tidak ingin terkena masalah, lepaskan kabel negatifnya terlebih dahulu.

Longgarkan baut dan klem yang mengikat dari sisi negatif dulu dan dilanjutkan pada sisi positifnya. Selanjutnya, angkat aki dari tempatnya secara tegak lurus, agar air aki tidak tumpah.

Setelah itu, pasang lagi aki yang baru Anda dan juga pasang lagi kabel serta klemnya seperti sedia kala. Untuk memasangnya kembali, dahulukan kutub positif agar tidak timbul reaksi. Selanjutnya, bersihkan keseluruhan aki. Kalau perlu, Anda juga bisa menggunakan cairan anti korosi sebagai jalan pencegahan.

Kalau Anda menemukan korosi yang menutupi kabel atau pada ujung kabel, disarankan untuk selalu membersihkan dahulu sebelum dipasang. Karena karena kotornya ini, akan menjadi isolator yang dapat menjadi hambatan dalam penyaluran energi.

viewed :: 11568
Berita Terkait Lainnya :