13 Januari 2018
TIPS MOBIL

Tips Menyeting Karburator Mobil


Merawat mobil sebenarnya tidak terlalu ribet. Anda hanya harus telaten dan menemukan teori-teori dari beberapa sumber, lalu Anda praktekkan sendiri. Salah satu komponen mobil yang bisa Anda coba untuk menyetingnya sendiri adalah karburator bensin.

Komponen yang satu ini memang selalu meminta perawatan rutin, terutama dalam membersihkannya. Kalau tidak cukup bersih, biasanya akan sangat mengganggu kinerja mesin terutama dalam hal transportasi bahan bakar. Bensin yang kotor disaring dan masuk ke karburator. Karena itulah, karburator sangat rentan kotor.

Langkah awalnya, kendurkan dulu skrup idle up. Terus putar hingga idle ini sudah tidak bisa lagi menurunkan RPM mesin. Ditandai mesin yang akan terus menyala meskipun skrup sudah dikendurkan. Ini tandanya, sudah waktunya putaran dihentikan.

Langkah selanjutnya, kendurkan sekrup RPM mesin hingga mesin kurang dari 500. Tapi tetap kendalikan mesin hingga pada RPM yang tepat. Tidak terlalu tinggi tapi juga tidak terlalu rendah sehingga mesin mati. Kalau sudah selesai, waktunya beralih ke skrup yang mencampurkan antara bensin dan udara.

Putar sekrup idle ini ke arah kiri hingga nyaris putaran mesin mati. Lalu, balikkan lagi ke arah kanan sampai mesin juga nyaris mati. Kemudian cari RPM tertinggi. Caranya, putar kembali skrup yang tadi ke arah kiri secara perlahan untuk menemukan RPM tertinggi. RPM normal agar mesin menyala cukup 'langsam' yakni 700,800 atau 900 rpm tergantung standar ketentuan mesin.

viewed :: 11775
Berita Terkait Lainnya :