16 Maret 2019
TIPS MOTOR

Cara Mudah Untuk Merawat CVT


CVT merupakan penerus daya dari mesin ke roda pada motor matic seperti Yamaha Mio maupun Honda Beat. Agar kerja dari CVT itu sendiri tetap maksimal maka perlu perawatan rutin, paling tidak 6 bulan sekali. Nah kali ini saya akan membahas tentang Cara Merawat CVT Motor Matik.

Yang pertama adalah buka baut-baut pengikat cover CVT dilanjutkan melepas selang udara pakai obeng plus. Kemudian buka mur crankshaft guna melepas belt penggerak atau istilah kerennya drive belt. Sebelumnya rumah roller( drive pully ) dan driven pully ditahan pakai tracker penahan pully agar proses pelepasan mur lebih mudah.


Setelah semuanya terlepas dilanjutkan periksa semua peranti yang ada. Cek lebar belt agar tidak kurang dari 18 mm ( standar 19 mm ), kalau kurang berarti harus diganti. Cek juga apakah belt retak atau tidak, dengan cara dibalik kemudian ditekuk. Kalau terlihat ada keretakan maka sebaiknya diganti.

Selanjutnya cek kondisi roller, kalau ada yang rusak atau peyang (tidak rata) harus diganti satu set walaupun yang rusak hanya satu sebab keausan roller yang lain berbeda sehingga kerja antara yang satu dengan yang lain tidak merata. Cek ketebalan roller tidak boleh kurang dari 17,5 mm.

Jika semuanya sudah beres, bersihkan seluruh bagian dalam rumah CVT pakai lap kering karena bila CVT kotor dapat mengganggu system kerja CVT itu sendiri, seperti akan timbul bunyi-bunyi, sebenarnya perawatan cukup mudah dan dapat dipraktekan sendiri di rumah.     ..... (w33)

viewed :: 14655
Berita Terkait Lainnya :